Lihat ke Halaman Asli

Edukasi Bullying dan Praktek Pembuatan Ecoprint di SDN Kawangrejo 01

Diperbarui: 4 Agustus 2024   17:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Video Edukasi Bullying/dokpri

Pada hari Sabtu, 03 Agustus 2024 kelompok 064 Kuliah Kerja Nyata Kolaboratif #3 (KKN-K) Desa Kawangrejo melalukan kegiatan mengedukasi tentang bullying dan praktek pembuatan ecoprint di SDN KAWANGREJO 01 di kelas V

Bullying merupakan bentuk penindasan, perundungan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh individu atau sekelompok orang terhadap orang lain dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus. Dengan tingginya kasus bullying yang terjadi pada lingkungan sekolah di indonesia, mahasiswa Kelompok KKN Kolaborasi 064 berinisiatif melakukan edukasi pada
siswa/i SDN KAWANGREJO 01 melalui video animasi tentang anti bullying yang bertujuan memberikan pemahaman kepada siswa/i tentang dampak dari tindakan bullying.

Foto Bersama Ibu/Bapak Guru beserta Siswa/i dan Kelompok KKN 064/dokpri

Selain itu, kami juga melakukan kegiatan membuat totebag ecoprint bersama siswa/i SDN KAWANGREJO 01. Ecoprint adalah sebuah teknik cetak dengan pewarnaan kain alami yang cukup sederhana namun dapat menghasilkan motif yang unik dan otentik. Prinsip pembuatannya adalah melalui kontak langsung antara daun, bunga, batang atau bagian tubuh lain yang mengandung pigmen warna dengan media kain tertentu. Teknik ini merupakan hasil perkembangan dari teknik ecodyeing, yaitu pewarnaan kain dari alam.
Ecoprint tentunya ramah lingkungan, Hingga bahan pewarna juga menggunakan rempah dan tumbuhan. Selain mudah menemukan dedaunan di lingkungan sekitar, produsen ecoprint biasanya juga akan menanam tumbuhan sendiri.

Hasil Karya Siswa/i kelas V/dokpri

Siswa/i kelas V SDN KAWANGREJO 01 sangat antusias dan aktif dalam pembuatan totebag ecoprint yang memiliki banyak kegunaan.
Pembuatan ecoprint memiliki tujuan untuk melatih dan meningkatkan keterampilan dalam karya seni dengan media yang sederhana yaitu ecoprint.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline