Lihat ke Halaman Asli

Eka MP

Penulis - Blogger

Dampak Digitalisasi bagi UMKM

Diperbarui: 19 Desember 2022   22:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Canva

Sebelum era digitalisasi secanggih saat ini segala sesuatu dilakukan secara manual. Bagi pengusaha yang baru memulai usahanya akan menghadapi banyak kendala baik dalam hal pemasaran produk maupun transaksi finansial. Biaya-biaya yang timbul menjadi tinggi sehingga harga jual pun meningkat. 

Berkah Digitalisasi Bagi UMKM

Kini, dengan semakin mudahnya akses informasi melalui berbagai media para pengusaha UMKM bisa mengurangi banyak biaya operasional. 

Salah satu berkah Digitalisasi bagi UMKM adalah tak perlu memiliki modal besar untuk membuka toko. Karena toko fisik tak lagi signifikan. Pun dalam hal pemasaran produk tak perlu memakai sistem door to door. 

Pada HUT127BRI tahun 2022m melalui BRILianpreneur menunjukkan dukungan bagi UMKM dengan menampilkan produk -produk UMKM dalam sebuah instalasi seni. 

Dukungan bagi UMKM ini menjadi pendorong berkembangnya usaha-usaha menengah kecil dan mikro di Indonesia. 

BRIPahlawanFinansial bukan sekadar slogan, tapi terwujud dalam langkah nyata mendorong UMKM Go Digital. Terdapat 6 kategori UMKM seperti fashion serta teknologi startup akan hadir melalui 500 UMKM yang nantinya akan dipilih UMK terbaik. 

Dukungan finansial tentu menjadi fokus BRI bagi pelaku UMKM dengan memudahkan akses pada kebutuhan dana modal usaha. Kredit modal kerja dan investasi dengan batas maksimal 500 juta diberikan bagi usaha mikro, usaha kecil, koperasi dan bisnis produktif. Kredit Usaha Mikro ini tentu saja memiliki syarat seperti umumnya dunia perbankan namun tentu saja banyak kemudahan yang diberikan BRI bagi nasabahnya. 

Akses perbankan disediakan BRI bagi seluruh lapisan masyarakat khususnya pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Tak terkecuali bagi masyarakat di pedesaan BRI menyediakan kredit untuk semua sektor ekonomi dengan program Kupedes yang dilayani di seluruh BRI unit maupun Teras BRI. 

Selain kredit tentu pelaku UMKM juga membutuhkan tabungan yang bisa mengakomodir kebutuhan transaksi usahanya. Tabungan BRI Simpedes Usaha hadir bagi pengusaha mikro. Sementara BritAma Bisnis menyediakan keleluasaan lebih bagi pelaku bisnis yang membutuhkan kemudahan dalam melakukan transaksi finansial. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline