Apa bisnis itu? Bisnis merupakan sebuah aktivitas yang dikelola oleh seorang individu atau organisasi untuk memenuhi kebutuhan manusia dan berorientasi untuk menghasilkan keuntungan.
Konsep Komponen Bisnis
1. Pasar : Pertemuan antara permintaan dan penawaran, didalam pertemuan inilah nanti harga harga itu akan terjadi (deal harga). Bentuknya : Pasar Monopoli, Pasar Oligopoli, Pasar Persaingan Sempurna, dll.
2. Perusahaan : Memiliki manajemen, ada tingkatan manajemen nya.
3. Pihak Eksternal : Mereka yang memberikan pembiayaan bisa konsumen dll.
4. Konsep Perubahan : pengantisipasian perubahan baik internal maupun eksternal.
Peluang Bisnis : terjadi karena adanya faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia.
Faktor-faktor yang mempengaruhi :
1. Faktor Sosial
2. Faktor Budaya
3. Faktor Pribadi
4. Faktor Psikologis
Bentuk Bisnis
1. Barang
2. Jasa
Bentuk Badan Usaha
1. Perusahaan Perseorangan : Didirikan oleh perseorangan
2. Firma : Bentuk perkumpulan usaha yang didirikan oleh beberapa orang dengan menggunakan nama bersama. Semua anggota mempunyai tanggung jawab sepenuhnya, baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap perusahaan ke pihak lain. Bila terjadi kerugian, maka kerugian ditanggung bersama.
3. Perseroan Komanditer (CV) : Sebuah persekutuan atau organisasi yang didirikan oleh beberapa orang yang masing-masing menyerahkan sejumlah uang dengan jumlah yang tidak perlu sama.
Sekutu dalam CV ini ada 2 macam yaitu :
Sekutu komplementer, orang-orang yang bersedia untuk mengatur perusahaan.
Sekutu komanditer, orang-orang yang mempercayakan uangnya untuk dikelola, bertanggungjawab secara terbatas kepada kekayaan yang diikutsertakan dalam perusahaan.
4. Perseroan Terbatas (PT) : Jenis badan usaha yang dilindungi oleh hukum dengan modal yang terdiri dari saham.
5. Perusahaan Negara : Perusahaan-perusahaan BUMN. Modal nya dari pemerintah. Didirikan oleh pemerintah untuk membangun ekonomi nasional menuju masyarakat yang adil dan makmur.
6. Koperasi : Membangun kemakmuran, mensejahterakan bagi anggotanya akan tetapi koperasi di Indonesia itu sangat sedikit yang berhasil.
Sumber Daya Organisasi
1. Manusia : Memiliki kemampuan kompetitif yang berkualitas, bilamana diberikan pengetahuan yang benar.
2. Material : Bahan-bahan mentah. Faktor-faktor produksi yang diperlukan untuk melaksanakan aktivitas bisnis untuk diolah menjadi barang atau jasa.
3. Mesin : Alat yang digunakan untuk memproduksi subuah barang atau jasa.
4. Uang : Modal utama untuk melakukan investasi.
5. Informasi : Penting, informasi itu akan menjadi data sebuah pengetahuan kemudian dibuatlah sebuah produk baru.
Lingkungan Organisasi
1. Pemasok : Orang yang menyediakan material untuk memproduksi barang atau jasa
2. Pelanggan : Target bisnis
3. Serikat Pekerja : Organisasi mengakomodir tenaga kerja yang sesuai bidangnya (memiliki keterampilan dibidangnya)
4. Masyarakat Keuangan : Yang memberikan pembiayaan dan kebijakan bisa berupa Bank, OJK, dll
5. Pemegang Saham : Orang-orang yang menanamkan modal pada perusahaan dan mewakili tingkatan tertinggi di dalam perusahaan
6. Pesaing : Lawan bisnis
7. Pemerintah : Mereka yang mengeluarkan peraturan atau kebijakan terhadap prosedur yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan
8. Masyarakat Global : Yang membutuhkan barang atau jasa untuk meningkatkan kualitas hidup mereka dan beroperasi dengan penuh etika dan moral
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H