Lihat ke Halaman Asli

Penerapan Dashboard untuk Meningkatkan Kinerja Fasilitas dalam Bisnis Perhotelan

Diperbarui: 26 Juni 2015   15:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Pendahuluan

Sekilas mengenai bisnis perhotelan

Hotel merupakan suatu sarana yang turut serta membantu kemajuan ekonomi. Mengapa? Karena hotel dapat memungkinkan seseorang untuk tinggal di suatu daerah dimanapun ia inginkan tanpa perlu mengkhawatirkan tentang masalah dimana ia akan tinggal. Dengan adanya hotel seseorang dapat pergi untuk menghadiri rapat ataupun pertemuan di suatu tempat dimana ia sendiri tidak mempunyai seseorang yang bisa ia tumpangi untuk menetap. Dengan adanya hotel juga dapat memungkinkan sebuah objek pariwisata menjadi ramai dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu, masih banyak sekali manfaat dari keberadaan hotel itu sendiri yang tidak dapat disebutkan satu per satu.

Telah dijelaskan di atas bahwa manfaat hotel itu banyak sekali, namun manfaat tersebut bisa dicapai jika hotel yang ada dikelola dengan manajemen yang baik sehingga hotel tersebut memiliki kualitas yang baik. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bisnis perhotelan merupakan bisnis yang mengutamakan pelayanan kepada pelanggannya. Oleh karena itu, untuk dapat menjadikan hotel menjadi hotel yang memiliki kualitas yang baik, maka pelayanan kepada pelanggan merupakan hal utama yang harus diperhatikan.

Sekilas mengenai bisnis cerdas

Bisnis cerdas merupakan suatu teknik berbasis computer yang digunakan untuk menggali dan menganalisa data. Selain itu, bisnis cerdas juga menyediakan pandangan histori, masa kini dan prediksi dari operasi bisnis

Saat ini bisnis cerdas berkembang cukup pesat. Sudah banyak organisasi dan perusahaan yang menggunakannya dikarenakan banyaknya keuntungan yang ditawarkan oleh penerapan bisnis cerdas ini, di antaranya adalah memudahkan organisasi atau perusahaan untuk memahami pelanggannya dan memantau perkembangan organisasi itu sendiri.

Sekilas mengenai dashboard sebagai salah satu penerapan bisnis cerdas

Tentunya kita semua telah mengenal apa itu dashboard. Dashboard dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti misalnya yang ada pada kendaraan bermotor yang berfungsi untuk menampilkan beberapa informasi yang penting untuk diketahui oleh pengendara kendaraan bermotor, seperti informasi mengenai kecepatan kendaraan yang ia kendarai dan volume bensin dari kendaraan yang ia gunakan.

Tidak berbeda jauh dengan dashboard yang digunakan pada kehidupan sehari-hari, dashboard yang merupakan salah satu cara penerapan bisnis cerdas juga digunakan untuk menampilkan berbagai informasi penting bagi pengguna dashboard dalam sebuah layar komputer. Karena layar yang digunakan tentunya adalah terbatas sedangkan informasi yang dibutuhkan oleh seseorang sangat banyak, tentunya harus dilakukan penyaringan atas informasi yang akan ditampilkan dalam dashboard tersebut. Apa saja informasi yang harus ditampilkan tersebut? Informasi yang ditampilkan dalam dashboard biasanya merupakan informasi yang harus segera diketahui oleh pengguna dari dashboard tersebut.

Bagaimana dashboard dapat meningkatkan kinerja?

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa bisnis perhotelan merupakan bisnis yang mengutamakan pelayanan kepada pelanggannya. Oleh karena hal itu, pihak manajemen hotel seringkali memberikan fasilitas-fasilitas yang dirasa dapat meningkatkan kepuasan pelanggan akan hotel tersebut. Namun akankah fasilitas tersebut memberikan hasil yang efektif dalam meningkatkan kepuasan pelanggan yang nantinya juga akan berdampak pada peningkatan laba dari hotel tersebut? Ataukah adanya suatu fasilitas di hotel tersebut malah akan memberikan efek negative yang lebih banyak disbanding efek positif yang diberikannya?

Dengan menerapkan dashboard sebagai salah satu penerapan bisnis cerdas, masalah ini dapat diatasi karena hanya dengan data-data transaksi yang ada pada hotel, kita dapat mengetahui dan memantau perkembangan dari tiap fasilitas yang ada pada hotel tersebut. Tidak hanya itu, penerapan dashboard ini juga dapat membantu pihak manajemen hotel yang tentu saja akan merasa sangat bosan sekali jika harus berhadapan dengan laporan-laporan keuangan saat ia hanya harus mengetahui apakah fasilitas yang ada pada hotel yang dikelolanya tersebut sebenarnya memberikan untung atau malah rugi. Dapat kita bayangkan jika seseorang harus memeriksa satu per satu data hotel yang dikelolanya sedangkan hotel-hotel tersebut berjumlah puluhan atau bahkan ratusan dan letaknya tersebar di seluruh dunia. Penerapan dashboard ini akan membantu pihak manajemen agar tidak lagi harus selalu berhadapan dengan data yang menumpuk tersebut setiap harinya, melainkan hanya dengan melihat gambar dan grafik olahan data yang menumpuk tersebut.

Adapun data yang dibutuhkan untuk menerapkan system ini adalah :

-Data mengenai daftar hotel dan lokasinya

-Data mengenai daftar fasilitas yang ada di setiap hotel

-Data mengenai pelanggan hotel

-Data mengenai seluruh transaksi hotel, baik yang masuk ataupun keluar

-Data mengenai complain yang masuk bagi hotel

Hanya dari data-data tersebut, dapat dibuat sebuah system OLAP yang terdiri dari beberapa dimensi dan measure yang kemudian dapat digunakan sebagai sumber data dari dashboard yang nantinya dapat digunakan oleh pihak manajemen hotel untuk memantau kinerja dari fasilitas-fasilitas yang ada di hotel yang dikelolanya. Adapun beberapa dimensi itu antara lain adalah sebagai berikut :

-Waktu

-Hotel

-Fasilitas

-Pelanggan

-Pengeluaran fasilitas

Sedangkan measure atau pengukuran yang dapat digunakan pada system ini antara lain :

-Jumlah pemasukan hotel

-Jumlah pelanggan hotel

-Jumlah complain fasilitas

-Jumlah pemasukan fasilitas

-Jumlah pelanggan fasilitas

-Jumlah pengeluaran fasilitas

-Jumlah pemasukan hotel dikurangi pemasukan fasilitas

-Jumlah pelanggan hotel dikurangi pelanggan fasilitas

Prototype dari system ini seperti pada gambar di bawah ini :

Dari dashboard yang tampak seperti gambar di atas, dapat dilihat mengenai informasi-informasi yang dibutuhkan oleh pihak manajemen hotel yang nantinya dapat digunakan untuk bahan pengambilan keputusan selanjutnya.

Referensi :

http://kvaliteta.inet.hr/t_Rad%20Opatija.pdf

http://wikipedia.org

http://www.businessintelligence.com/white_papers.asp




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline