Lihat ke Halaman Asli

Eis Nina Marlina

Guru di SMA N 1 OKU

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3

Diperbarui: 26 Mei 2023   20:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamualaikum wr.wb

Jumpa lagi dengan saya Eis Nina Marlina, calon guru penggerak angkatan 7 dari SMA N 1 OKU provinsi Sumatera Selatan.

Kali ini saya akan menuangkan jurnal refleksi dwi mingguan yang bermakna bagi saya terhadap pembelajaran di DIKLAT CALON GURU PENGGERAK yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Refleksi yang bermakna merupakan cerminan diri terhadap proses yang terjadi dalam diri dan poin poin penting yang saya dapatkan sebagai pembelajaran dan pengetahuan yang baru bagi saya, yang terkadang dapat merubah cara pandang saya setelah saya mengikuti semua kegiatan selama dua minggu ke belakang.

Misalnya, materi yang membekas di pikiran saya, dampak positif yang timbul setelah mempelajari materi tersebut, dan bagaimana saya akan mengimplementasikan hasil positif dari materi tersebut untuk murid saya?

Untuk itu saya akan menggunakanModel 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) 4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 

4F dapat diterjemahkan menjadi 4P, dengan pertanyaan sebagai berikut (disesuaikan dengan yang sedang terjadi pada saat penulisan jurnal):

 1. Facts (Peristiwa): Ceritakan pengalaman Anda mengikuti pembelajaran pada minggu ini atau pada saat menerapkan aksi nyata ke dalam kelas? Apa hal baik yang saya alami dalam proses tersebut? Ceritakan juga hambatan atau kesulitan Anda selama proses pembelajaran pada minggu ini? Apa yang saya lakukan dalam mengatasi kendala tersebut? 

2. Feelings (Perasaan): Bagaimana perasaan Anda selama pembelajaran berlangsung? Apa yang saya rasakan ketika menerapkan aksi nyata ke dalam kelas? Ceritakan hal yang membuat Anda memiliki perasaan tersebut.

 3. Findings (Pembelajaran): Pelajaran apa yang saya dapatkan dari proses ini? Apa hal baru yang saya ketahui mengenai diri saya setelah proses ini?

 4. Future (Penerapan): Apa yang bisa saya lakukan dengan lebih baik jika saya melakukan hal serupa di masa depan? Apa aksi/tindakan yang akan saya lakukan setelah belajar dari peristiwa ini? 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline