Assalamualaikum wr.wb
Bagaimana kawan, hari ini saya harapkan kita semua tetap dalam lindungan Allah SWT, aamiin
Pada kesempatan kali ini saya akan menuangkan aksi nyata saya pada pembelajaran MODUl 1.3 Visi Guru Penggerak.
Tujuan Pembelajaran Khusus: Calon Guru Penggerak mampu menjalankan rencana manajemen perubahan yang telah dibuat.
Pada modul 1.3 ini, para Calon Guru Penggerak mendapat tugas merevisi dan mengeksekusi rancangan BAGJA untuk prakarsa perubahan diri yang sudah dibuat pada tahap Demonstrasi Kontekstual. Penerapan Aksi Nyata ini bukan semata penugasan modul Program Pendidikan Guru Penggerak, melainkan sebuah praktik dalam pengembangan profesi berkelanjutan.
Latar Belakang
Terilhami tujuan pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara, yang dapat diartikan bahwa Pendidikan sejatinya adalah menuntun anak mencapai kekuatan kodratnya sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya sehingga mereka bisa mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya untuk dapat bersosialisasi dalam masyarakat di era globalisasi abad 21 ini tanpa meninggalkan kultur budaya pada lingkungan sendiri.
Latar Belakang Aksi Nyata
Melalui pendekatan Inquiry Apresiatif, saya mencoba mmerumuskan visi Guru Penggerak dan mencoba untuk mengejawantahkan visi tersebut melalui Prakarsa perubahan diri.
Visi:
Mewujudkan Murid yang berkualitas memiliki daya saing tinggi dengan menguatkan profil pelajar Pancasila.