assalamualaikum wr.wb
Saya Eis Nina Marlina, calon guru penggerak angkatan 7 dari Kabupaten OKU Sumatera Selatan. pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan aksi nyata modul 1.2 Nilai dan peran Guru Penggerak.
Saya melaksanakan rencana yang telah dituliskan pada refleksi 4P di bagian Koneksi Antar Materi mengenai "pengembangan DIRI yang sederhana, konkret dan rutin serta dapat dilakukan sendiri dari sekarang". Kumpulkan tersebut dalam bentuk dokumentasi kumpulan foto yang bercerita saat diri saya menjalankan rencana. Dan tak lupa saya sertakan refleksi sepanjang proses menjalankannya, seperti apa perasaan saya, apa ide atau gagasan yang timbul, pembelajaran apa saja yang dapat diambil, dan apa dampak (perubahan positif) yang paling dirasakan oleh diri saya.
BERPIHAK PADA MURID
- Menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid dengan mempertimbangkan gaya belajar siswa dan media yang inovatif dan kreatif
perasaan saya dengan menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid yaitu bahagia termotivasi dan tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran sesuai gaya belajar anak. Ide atau gagasan yang timbul kedepannya akan membuat kreasi dalam metode dan media pembelajaran dan menerapkan anak bebas dalam mengeksplorasi diri dalam mengumpulkan hasil pembelajaran mereka. Dampak atau perubahan positif yang paling saya rasakan adalah saya merasa menjadi guru yang optimis bergerak untuk melakukan pembelajaran yang berpihak pada murid dan siswa jadi lebih aktif dan merasa senang akan pembelajaran Bahasa Inggris.
- Saya menerapkan kegiatan 5s senyum, sapa, salam, sopan dan santun yang merupakan pembentukan budi pekerti anak
- menjadikan siswa sebagai teman tetapi tidak melewati batas dalam arti tetap mengedepankan sikap saling menghormati, sehingga pembelajaran akan lebih menyenangkan dan tak lupa menyisipkan permainan dalam proses pembelajaran
- Membangun kesepakatan kelas untuk pembelajaran yang lebih baik menunjukan peran guru sebagai pemimpin pembelajaran MANDIRI
- Mengikuti pelatihan, seminar, dan BIMTEK kemudian diimbaskan ke rekan guru lain termasuk peran coach bagi rekan guru lain
Refleksi terhadap penerapan guru penggerak pada nilai Mandiri, perasaan saya termotivasi dan terinspirasi. Ide atau gagasan yang timbul, menggunakan smartphone atau laptop untuk meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti webinar dan mengikuti pelatihan, BIMTEK baik yang diadakan di tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional dan Internasional kemudian saya imbaskan ke rekan guru lain (coach bagi guru Lain). Pembelajaran yang dapat saya ambil, kemandirian dalam meningkatkan kompetensi diri akan berdampak positif pada proses pembelajaran ke murid. Dampak atau perubahan positif yang paling saya rasakan dari Aksi Nyata saya, saya bersemangat dalam meningkatkan kompetensi diri untuk bergerak memajukan negeri.
REFLEKTIF
- Melaksanakan evaluasi dan refleksi yang bertujuan perbaikan di segala aspek pembelajaran
Penerapan Nilai Guru Penggerak -Reflektif- Aksi nyata saya adalah menuliskan kelemahan dan kekuatan saya dalam proses pembelajaran, membuat rencana perbaikan, lalu mengejawantahkannya dalam tindakan nyata.