Lihat ke Halaman Asli

Eis Nina Marlina

Guru di SMA N 1 OKU

Tugas 1.2.a.6 Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2

Diperbarui: 17 November 2022   20:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

mandiri ikut pelatihan (dok pribadi)

Tugas 1.2.a.6 Demonstrasi Kontekstual modul 1.2

Saya Eis nina marlina calon guru penggerak angkatan 7 dari SMA N 1 OKU Provinsi Sumatera Selatan, kali ini saya akan mengimajinasikan diri saya dalam 3 tahun kedepan setelah saya lulus dari program pendidikan guru penggerak ini.

Seorang guru penggerak harus memiliki  komitmen berupa nilai nilai yang harus di pegang, pedomani dan diterapkan, karena, didalamnya memuat kekuatan seorang guru dalam menerapkan filosofi pemikiran Kihajar Dewantara dan mewujudkan profil pelajar pancasila. Dengan kata lain nilai- nilai tersebut mutlak melekat pada sosok guru penggerak yakni, mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, serta berpihak pada murid

Berikut gambaran diri saya di masa depan, setelah mengikuti rangkaian program pendidikan Guru Penggerak yang mencerinkan penerapan nilai nilai

  • Mandiri

Mandiri berarti seorang guru penggerak mampu senantiasa mendorong dirinya sendiri untuk melakukan aksi serta mengambil tanggung jawab atas segala hal yang terjadi pada dirinya. Seorang guru penggerak mampu memotivasi diri sendiri tanpa menunggu adanya perintah dari atasan, haus akan pembelajaran karena belajar itu sepanjang hayat. Dengan kata lain saya akan terus mengembangkan kompetensi saya sebagai pribadi ataupun seorang guru.

Nilai mandiri ini sudah saya terapkan dengan bergabung bersama Komunitas Palembang Menulis dan aktif mengembangkan kemampuan literasi. Berbagai kegiatan yang dilakukan secara daring ataupun luring saya ikuti terkadang menggunakan biaya sendiri, itu bukanlah suatu masalah besar karena dibalik pembelajaran tersebut berkembangnya kompetensi diri dan terbukanya wawasan akan menjadikan kita lebih baik lagi.

  • Reflektif

reflektif (menerima masukan). Dokpri

Seorang guru penggerak haruslah mau dengan penuh kesadaran tinggi membuka diri terhadap pengalaman yang baru dilaluinya, lalu melakukan evaluasi terhadap apa saja hal yang sudah baik, serta apa yang perlu dikembangkan, dengan kata lain bisa melakukan reflektif yang bermakana misalnya ketika ia telah menyelesaikan suatu aksi, maka ia akan mencatat dan memasukkannya dalam diri, mengendapkan hal positif untuk ditingkatkan, menyimpan hal negatif untuk ditambah sehingga berubah ke hal positif. Menjadikan keduanya sebagai sarana menjadi diri yang lebih baik setiap waktu atau mengambil pembelajaran dalam setiap aksinya.

Contoh mengadakan evaluasi dengan meminta murid/rekan sejawat memberikan komentar atau penilaian dari kegiatan pembelajaran dan program sekolah untuk mendapatkan kelebihan yang akan terus dipertahankan dan kekurangan untuk ditingkatkan sehingga menjadi lebih baik lagi kemudian melakukan umpan balik dan tindak lanjut dari kegiatan tersebut.

  • Kolaboratif

berkolaborasi (dok pribadi)

  • Kolaboratif adalah sebuah sikap yang dapat diartikan  usaha untuk menjalin kerjasama dengan berbagai  untuk menciptakan hubungan yang saling mendukung demi pendidikan yang lebih baik dan bermanfaat bagi dunia pendidikan yang lebih luas
  • Misalnya bekerja sama dengan rekan sejawat dalam menyusun rencana program sekolah maupun pembelajaran, bekerjasama dengan guru lain, guru BK, Wali kelas dan Orangtua dalam mengatasi permasalahan belajar yang dihadapi oleh siswa baik masalah akademik maupun non akademik..
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline