Lihat ke Halaman Asli

Eis Nina Marlina

Guru di SMA N 1 OKU

Modul 1.1.a.9 Aksi Nyata Penerapan Modul 1.1

Diperbarui: 11 November 2022   21:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kolaborasi dengan canva 

Assalamualaikum wr.wb

Hello.. hello 

Para pemerhati dan penggiat pendidikan, kali ini izinkan saya eis nina marlina calon guru penggerak angkatan 7 dari SMA N 1 OKU mencoba mendokumentasikan kontribusi nyata penerapan pemikiran Ki Hadjar Dewantara di kelas dan sekolah sebagai pusat pengembangan karakter.

Setelah mempelajari modul 1.1 Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan yang menuntun anak sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman, maka saya coba menerapkannya di kelas saya.

A. Latar belakang tentang situasi yang dihadapi oleh Calon Guru Penggerak

Saya mengampu mata pelajaran Bahasa Inggris, Menurut Zaim (2016) di dalam konsep pembelajaran bahasa, ada empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasi oleh seorang pembelajar bahasa, yaitu keterampilan berbicara, keterampilan mendengarkan, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. .

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, siswa diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran untuk memahami pengetahuan Bahasa Inggris dengan caranya sendiri. Berdasarkan hasil pengamatan saya selama mengajar, ada beberapa hal yang menjadi masalah penting, antara lain: beberapa siswa sudah tertanam di mindset-nya "English is Problem", siswa takut mengekspresikan pencapaian kompetensi terutama di menulis dan berbicara. Akhirnya kelas menjadi pasif selain itu nilai socio cultural Kabupaten OKU yaitu Sebimbing Sekundang belum terintegrasi secara menyeluruh dalam pembelajaran sehingga di dalam proses pembelajaran nilai karakternya belum tertanam dengan baik dalam dirinya. Selain itu siswa merasa bosan dan jenuh tidak termotivasi dalam pembelajaran, mereka memerlukan media pembelajaran yang sesuai kodrat zamannya, yang setiap hari bersentuhan dengan android.

Menurut Asyhar (2012:44-45)) media pembelajaran Multimedia yaitu media yang melibatkan beberapa jenis media dan peralatan secara terintegrasi dalam suatu proses atau kegiatan pembelajaran. Pembelajaran multimedia melibatkan indera penglihatan dan pendengaran melalui media teks, visual diam, visual gerak, dan audio serta media interaktif berbasis komputer dan teknologi komunikasi dan informasi

Oleh karena itu saya mencoba menerapkan pendidikan menurut KHD yaitu menuntun anak sesuai dengan kodrat alam dan zamannya, yaitu bermain dan pembelajaran yang terintegrasi dengan TIK atau ketrampilan abad 21 berupa penggunaan   media pembelajaran multi media.

B. Deskripsi Aksi Nyata yang dilakukan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline