Lihat ke Halaman Asli

Eirene Wid

Jurnalistik

Media Clickbait yang Mengecoh Masyarakat

Diperbarui: 24 Juli 2019   00:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Jadi bagaimana kita sebagai masyarakat untuk menghindari clickbait? Perhatikan setiap judul apakah mengandung kata-kata yang memaksa (terkesan atau terlihat berlebihan) atau tidak. Jika isi konten mengalami perbedaan yang sangat jauh dan tidak memberikan manfaat ataupun tidak sesuai bagi pembaca maka tinggalkan situs tersebut. Masyarakat yang membaca pun harus lebih kritis terhadap berita-berita yang berada pada clickbait.

Tujuan membuat clickbait sendiri untuk mengecoh masyarakat. Clickbait dibuat menarik agar membuat penasaran para pembaca dan ingin mengklik konten tersebut. Tujuan dari membuat clickbait adalah menjaring banyak orang untuk membaca konten yang kita buat, tapi saat dibuka konten tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan. Clickbait pun termasuk dalam strategi promosi.

Adapun bahaya clickbait untuk para pembaca, salah satunya pembaca akan terkesan mendapatkan berita hoax apabila pembaca tidak bisa memilah bacaan, dan yang utama akan merasa kesal dan emosi. Terkadang kita pun tau bahwa yang kita temukan atau kita klik merupakan salah sati clickbait, namun para pembaca muncul rasa ingin tau akan berita tersebut, sehingga terkadang kita dapat mempercayai clickbait tersebut.

Clickbait dapat kita temukan di media mana saja seperti instagram, youtube, dsb. Clickbait yang sering kita temukan saat ini ada di instagram dan  youtube. Banyak clickbait yang menarik namun gambar ataupun video tontonan di instagram dan youtube tidak memberikan pembelajaran yang baik. 

Contoh pada media instagram, clickbait pertama adalah sebuah informasi namun saat kita membaca slide berikutnya yang muncul adalah sebuah iklan ataupun muncul pembahasan yang berbeda. Medja pada youtube pun juga sama seperti instagram, ketika membuka clickbait, tontonan yang muncul sangat jauh berbeda dengan konten judul clickbait.

Kita sebagai penikmat media, juga harus bisa memilah mana clickbait yang baik dan tidak. Kita sebagai masyarakat tidak hanya menikmati media saja dan membiarkannya. Jika clickbait yang kita buka tidak sesuai jangan pernah membagikan ataupun meng-share. Kita dapat membagikan berita-berita yang bermanfaat seperti "bagaimana cara menghindari berita bohong atau berita hoax"

Clickbait dan berita hoax adalah hal yang berbeda. Clickbait adalah membuat judul yang berlebihan, sehingga orang akan lebih tertarik akan berita tersebut. Sedangkan berita hoax adalah berita bohong ataupun berita yang bersifat opini tidak sesuai dengan kenyataan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline