Lihat ke Halaman Asli

Egiya Riahta

Analis di Bank Sentral

Inovasi Keuangan Tanpa Batas dengan QRIS Tuntas

Diperbarui: 25 Agustus 2023   13:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Pribadi

Bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, QRIS Tuntas diluncurkan oleh Bank Indonesia. Fitur baru QRIS pada Tuntas merupakan wujud nyata komitmen Bank Indonesia dalam pengembangan inovasi QRIS secara berkelanjutan. Tentunya masih dalam koridor implementasi Blueprint Sistem Pembayaran (BSPI) 2025 untuk mengakselerasi inklusi ekonomi dan keuangan digital sekaligus mendukung stabilitas dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

QRIS Tuntas dikembangkan oleh Bank Indonesia bersinergi dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dan perwakilan penyelenggara jasa sistem pembayaran. Implementasi QRIS Tuntas akan didukung dengan skema harga yang efisien dibandingkan biaya yang dikenakan untuk layanan serupa oleh industri saat ini. 

Lebih lanjut, peluncuran QRIS Tuntas telah melalui berbagai tahapan, termasuk fase uji coba oleh industri dalam Ruang Uji Coba Inovasi Teknologi Sistem Pembayaran Bank Indonesia. Implementasi QRIS Tuntas bagi Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) yang telah siap untuk mengembangkan fitur dilakukan secepat-cepatnya 1 September 2023 dan selambat-lambatnya 30 November 2023.

QRIS Tuntas dapat dikatakan telah memimpin perubahan lanskap teknologi keuangan. Dengan memanfaatkan kekuatan inovasi terkini, QRIS Tuntas memungkinkan pengguna untuk mentransfer, menarik, dan menyetor dana. Sebuah langkah signifikan dalam meningkatkan pengalaman pengguna dan mendorong inklusi keuangan. Fitur baru ini memungkinkan pengguna QRIS mengelola dananya dengan lebih nyaman. Pengguna dapat mentransfer uang antar rekening atau dompet digital yang terhubung dengan sistem QRIS. Transaksi pun akan menjadi lebih cepat dan mudah.

Penyempurnaan QRIS Tuntas ini tidak hanya menyederhanakan proses pengelolaan uang namun juga mendorong inklusi keuangan. Dengan QRIS Tuntas maka akses terhadap dana kini di tangan pengguna. Tidak perlu lagi mencari ATM atau mengantri di bank. Fitur ini sangat bermanfaat bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil atau kekurangan layanan perbankan di mana akses terhadap layanan perbankan tradisional terbatas. 

Dengan menyediakan platform yang mudah diakses, lugas, dan mudah digunakan, QRIS Tuntas membantu menjembatani kesenjangan antara sistem perbankan tradisional dan ekonomi digital. Hal ini sangat penting di negara seperti Indonesia, dimana masih banyak orang yang belum mempunyai rekening bank atau underbanked. Oleh karenanya, manfaat sosial dari fitur baru ini sangat signifikan bagi masyarakat Indonesia secara inklusif. Hal ini mempunyai efek riak, berkontribusi terhadap pertumbuhan dan stabilitas ekonomi, serta membantu mengurangi kesenjangan keuangan.

Sangat tepat jika disimpulkan bahwa fitur baru QRIS Tuntas bukan hanya sekedar kemajuan teknologi finansial. Hal ini merupakan langkah menuju ekonomi digital yang lebih inklusif dan adil. Inovasi ini pun merupakan bukti bagaimana teknologi, jika dimanfaatkan dengan benar, dapat memberikan dampak transformatif terhadap masyarakat. Seiring Bank Indonesia terus berinovasi dan beradaptasi, Indonesia semakin dekat menuju masa depan di mana kemandirian finansial dapat dijangkau oleh semua orang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline