Lihat ke Halaman Asli

Ego Ibnu Wijaksena

Mahasiswa Universitas Teuku Umar

Dorong Ekonomi Kreatif, Kelompok 11 KKN Kebangsaan Gelar Pertunjukan Tarian & Pameran PMT Lokal

Diperbarui: 14 Agustus 2023   23:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kelompok 11 KKN Kebangsaan XI Kalimantan Barat/Dokpri

Kelompok 11 KKN Kebangsaan XI Kalimantan Barat/Dokpri

Desa Samalantan -- Kelompok 11 KKN Kebangsaan bersama pemerintah desa Samalantan, TP. PKK kecamatan Samalantan menyelenggarakan kegiatan pagelaran seni tari dan demonstrasi pembuatan produk inovasi pmt lokal dalam upaya meningkatkan rasa cinta terhadap seni dan mengembangkan bakat dan minat anak-anak bidang seni dan budaya, memberikan masukan kepada masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat (pola makan dan pola asuh) dan pemanfaatan bahan pangan lokal sebagai produk inovatif PMT lokal, serta memperluas jaringan informasi mempengaruhi wisatawan agar berkunjung. Kegiatan berlangsung di halaman kantor camat Samalantan, Kamis (10/8/2023).

Kelompok 11 KKN Kebangsaan XI Kalimantan Barat/Dokpri

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat, Kades Samalantan, Danramil, Polsek, TP. PKK, dan guru/tutor dan anak didik PAUD lingkup kecamatan Samalantan.

Adapun rangkaian acara di awali dengan senam cerdas ceria, pembagian susu ke anak didik PAUD, dilanjutkan dengan sesi lomba (mewarnai dan kupas telur), demonstrasi pembuatan PMT Lokal di Rumah Jajanan Sehat (RAJA SEHAT), dan penampilan seni tari (tari kreasi Dayak, tari kreasi Manuk Dadali, dan tari Bhawi) oleh peserta didik yang dilatih oleh mahasiswa KKN Kebangsaan Kelompok 11.

Kelompok 11 KKN Kebangsaan XI Kalimantan Barat/Dokpri

Kelompok 11 KKN Kebangsaan XI Kalimantan Barat/Dokpri

Tujuan demonstrasi PMT Lokal yakni memberikan edukasi dan pelatihan kepada guru/tutor PAUD lingkup Samalantan yang memilki peran sebagai tenaga pengajar anak usia dini yang berpengaruh terhadap pengawasan kesehatan peserta didik PAUD. Selain itu, kegiatan ini juga mendorong sektor perekonomian desa melalui pemanfaatan produk inovasi jajanan sehat bagi anak guna mewujudkan ekosistem kewirausahaan di desa. Sehingga semakin banyak jajanan sehat di produksi di lingkungan desa maka peningkatan pada pola makan yang sehat dan bersih mudah didapatkan dan dicapai, sebagai upaya pencegahan dan penanganan stunting tingkat desa melalui pergerakan Rumah Jajanan Sehat (RAJA SEHAT) di Samalantan.

Kelompok 11 KKN Kebangsaan XI Kalimantan Barat/Dokpri

Kelompok 11 KKN Kebangsaan XI Kalimantan Barat/Dokpri

Disamping itu, dengan adanya pertunjukan seni tari pada saat pagelaran memunculkan daya tarik bagi peserta untuk tetap konsistensi mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Selain itu, minimnya generasi yang cinta kearifan lokal berbasis seni tari dan budaya, serta terdapat beberapa potensi pariwisata yang mampu mendatangkan wisatawan untuk berkunjung di antaranya wisata budaya rumah adat panjang dan tugu perdamaian. Hal tersebut menjadi latar belakang kegiatan ini, dengan tujuan mencegah tarian khas dari fenomena kepunahan dan meningkatkan rasa cinta terhadap seni melalui kegiatan pagelaran seni tari, memperluas jaringan informasi dan mempengaruhi wisatawan agar berkunjung melalui kegiatan promosi video dokumenter yang di publikasikan di media online.

Melalui kolaborasi pihak pemerintah desa dan kecamatan, mahasiswa KKN Kebangsaan Kelompok 11 mampu merealisasikan program yang dirancang berdasarkan kajian potensi dan permasalahan desa Samalantan. Harapannya dengan adanya kegiatan ini menghasilkan perubahan pada perilaku sosial yang baik dan berdampak terhadap peningkatan Indeks Desa Membangun (IDM) desa Samalantan pada aspek Ketahanan Sosial dan Ketahanan Ekonomi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline