Lihat ke Halaman Asli

Pembuatan Sistem Antrian Real-Time (SIANTRI)

Diperbarui: 7 Maret 2017   04:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Blok Diagram

Pembuatan Sistem Antrian Real-Time (SIANTRI)

Abstrak

Antrian merupakan suatu hal yang pernah kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Banyak tempat yang menggunakan antrian dalam pelayanannya seperti Bank, Kantor, bahkan Rumah Sakit. Diantara tempat tersebut masih ada yang menggunakan sistem antrian secara manual, itu semua karena untuk investasi sebuah mesin antrian terbilang cukup mahal. Maka dari itu untuk mengurangai permasalahan tersebut dibuatlah SIANTRI (Sistem Antrian Real-Time) dengan menggunakan database , bahasa pemrogaman PHP dan MySql.

Kata kunci : antrian, sistem, real-time

Abstract

Queue is one of have been experienced of in everyday life. A lot of place using queue in its service like Bank, Office, even Hospital. Between the place there be still using queue system in manual, that all because for the investment of a queue machine spelled out members costly enough. Therefore to reduce the problems made SIANTRI (Sistem Antrian Real-Time) Real-Time Queue System by using database, php programming language and MySql.

Key Words : queue, system, real-time

1. Pendahuluan

Pada saat ini, di berbagai tempat masih ada yang menggunakan sistem antrian secara manual dalam pengaturannya. Customer service masih memanggil pengantri dengan cara manual memanggil nomor antrian. Namun beberapa tempat sudah meninggalkan cara manual dan telah menggunakan sistem antrian berbasis komputer maupun menggunakan mesin antrian yang terbilang cukup mahal.

Sistem antrian berbasis komputer saat ini kadang masih ada permasalahan yang muncul yaitu saat listrik mati ataupun perangkat mati. Ketika perangkat diperbaiki dan perangkat antrian dihidupkan maka antrian akan diulang ke nomor awal atau nol lagi. Permasalahan ini tidaklah berpengaruh jika antrian hanya satu atau dua pengantri. Hal ini akan menjadi masalah besar jika nomor antrian telah mencapai puluhan bahkan ratusan. Jika permasalahan itu terjadi maka sistem antrian akan kembali ke cara manual.

Hal itu menjadi alasan pembuatan aplikasi SIANTRI (Sistem Antrian Real-Time) yang dapat membantu para penyedia tempat layanan dari berbagai permasalah yang timbul. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang dapat membantu seperti sistem secara real-time dan menggunkan database, pemanggilan antrian secara otomatis, pencetakan nomor antrian secara komputer dan juga dapat digunakan pada tempat yang memiliki bagian antrian yang lebih dari satu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline