Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UM Melakukan Edukasi Pencegahan Virus Covid-19 Melalui Pemasangan Poster Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)di Desa Tumpakrejo, Kec.Kalipare, Kab. Malang

Diperbarui: 7 Juli 2021   10:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok pribadi

Malang. Hingga saat ini jumlah kasus virus corona di indonesia makin menambah. penambahan kasus yang positif hampir tersebar di seluruh provinsi di indonesia dengan berbagai gejala yang berbeda. Beberapa langkah efektif  yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebran COVID-19. Salah satu upaya pencegahan penyebaran COVID-19 yakni dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) juga mampu meminimalisir kemungkinan terpapar virus.Cara pencegahan penyebaran virus Covid-19 tersebut merupakan hal yang harus dipahami oleh masyarakat. Berbagai macam himbauan yang telah disampaikan oleh pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus ini. Seluruh elemen masyarakat diharapkan dapat turut serta membantu mengurangi angka penyebaran virus covid-19 ini..

Sebagai akademisi, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) pun juga ikut andil dalam menangani pandemi ini. Salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa UM adalah Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) edisi Covid-19 tahun 2021.Mahasiswa Tim KKN yang ditugaskan di Desa Tumpakrejo, Kec. Kalipare Kab. Malang melakukan berbagai program kerja tentunya yang berkaitan erat dengan pencegahan penyebaran virus Covid-19. Salah satu program kerja yang dilakukan adalah mengedukasi masyarakat terkait pencegahan Covid-19 melalui poster perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang dipasang dan dibagikan ke tempat-tempat umum di desa tumpakrejo. Poster ini merupakan salah satu langkah yang tepat untuk membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19. Meskipun KKN masih dalam edisi Covid, KKN UM tetap memberikan berbagai program bermanfaat bagi masyarakat.

Dok pribadi

Kondisi pandemi saat ini pun tidak mematahkan semangat anggota kelompok dalam membuat desain poster dan banner mengenai PHBS. Poster dan banner phbs ini akan di tempel di tempat-tempat umum seperti masjid, pukesmas, sekolah dasar, gereja dan balai desa. Poster phbs ini menggambarkan perilaku yang dapat diterapkan dimanapun kita berada seperti rajin berolahraga, tidak merokok, makan makanan yang mengandung gizi seimbang, cuci tangan yang tepat jangan lupa memakai sabun, selalu berdoa, memasak makanan dan minuman hingga matang, penggunakan masker dengan tepat, segera ke fasilitas kesehatan bila mengalami demam dan sesak, istrirahat yang cukup, minum air mineral minimal 8 gelas/ hari, selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan perilaku 5 M yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.Tujuan penyebaran poster dan banner perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) Merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat mengenai perilaku hidup bersih dan sehat serta sebagai cara pencegahan virus covid-19 di era new normal life.

Mahasiswa Tim KKN Desa Tumpakrejo dengan perangkat desa sangat antusias menempelkan 15 poster dan 3 banner tersebut. Penyebaran dan penempelan poster dan banner phbs dibagi menjadi 3 kelompok dan  lokasi  yang berbeda salah satunya di Masjid, Sekolah, Gereja, Mushollah, Balai desa dan pukesmas yang berada pada 3 dusun desa Tumpakrejo pada Rabu (08/06).Dengan adanya poster pencegahan Covid-19 ini, diharapkan seluruh masyarakat desa tumpakrejo mampu meningkatkan kebiasaan phbs dan 5 M sebagai langkah pencegahan Covid-19 dan selalu menaati protokol kesehatan yang diberikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline