Lihat ke Halaman Asli

Eggy Gilang

Admin Media Sosial dan Copywriting

Mari Mengenal Keutamaan Membaca Al-Qur'an

Diperbarui: 14 September 2022   13:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Foto : https://muslim.or.id/8669-keutamaan-membaca-al-quran.html

"Bu, sebenarnya kenapa ya kita harus membaca Al-Qur'an? " tanya Meisya, seorang gadis kecil yang lagi mendapat tugas dari sekolahannya, untuk membaca Al-Qur'an. Kokom belum memahami sepenuhnya mengenai apa keutamaan membaca Al-Qur'an, sehingga ia masih setengah hati menjalankannya.

Sambil menarik nafas, Kokom tiba-tiba merasa sulit menjelaskan nilai penting kepada anak gadis kecilnya. Kemudian dia menjawab, "Yang Ibu tahu, keutamaan  membaca Al-Quran setiap hari membuat hati kita tenang. Namun, sepertinya jawaban Bunda belum cukup memuaskan. Beri Ibu sedikit waktu ya untuk mencari tahu, baru setelah itu akan Ibu beri tahu kepada kamu. Oke?"

Meisya pun mengangguk, lalu kembali mengerjakan tugas sekolahnya. Akibat dari pandemi Covid-19, Meisya hanya belajar di rumah. Sedangkan, Ibunya (Kokom) harus bekerja di rumah, sekaligus menjadi guru bagi buah hatinya. Agar tak menjadi beban pikiran, dan mungkin saja ditagih di lain waktu, Kokom melakukan riset kecil-kecilan mengenai apa saja keutamaan dalam membaca Al-Qur'an setiap hari. 

Setelah mengetahui keutamaan dalam membaca Al-Qur'an setiap hari, Kokom bergegas memberi tahu buah hatinya selepas Sholat Isya berjamaah.

Keutamaan Membaca Al-Qur'an Setiap Hari

Al-Quran berasal dari kata qara'a atau iqra', yang artinya "bacalah". Dalam bahasa arab, ada huruf "aan" yang mengikuti, artinya Sempurna. Al-Quran artinya bacaan yang sempurna. "Alif, laam, raa. (Surat) ini adalah (sebagian dari) ayat-ayat Al-Kitab (yang sempurna), yaitu (ayat-ayat) Al Quran yang memberi penjelasan." (QS. Al-Hijr ayat 1).

Saat kita membaca tulisan, tentu ada huruf atau bacaan yang mengikuti. Misal huruf "A" diikuti huruf "K" dan "U" menjadi dibaca "Aku". Bacaan dalam Al-Quran sangat sempurna, dalam hal redaksinya, maknanya, bahkan pengaturan cara membacanya, tidak ada kecacatan. Al-Quran menjelaskan berbagai makna yang tidak pernah terlintas di pikiran manusia.

Ada tiga pembahasan utama dalam Al-Quran, yaitu aqidah kepercayaan, syariah pengamalan agama dalam kehidupan, dan akhlak. Aqidah kepercayaan membahas tentang bagaimana keyakinan kita kepada Allah sebagai Tuhan Yang Maha Esa. Menceritakan kepada kita tentang hal gaib seperti malaikat dan jin. Menjelaskan kebesaran-kebesaran Allah yang tidak terjangkau oleh manusia.

Al-Quran membahas tentang syariah dan pengamalannya dalam kehidupan. Misalnya tentang belajar, berkeluarga, berdagang, hukum-hukum sholat, puasa, zakat, membayar fidyah, dan masih banyak lagi.

Sementara, keutamaan membaca Al-Qur'an juga mengajak manusia untuk menjadi lebih berakhlak. Jika dihadapkan suatu konflik atau sengketa, dalam ayat-ayatnya diberikan aturan bagaimana membalas, namun pada akhirnya Allah menganjurkan untuk memaafkan. Memaafkan jauh lebih baik daripada memperpanjang sengketa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline