Lihat ke Halaman Asli

Egar Aldi

Egar Aldiyaksa Akbar

Mahasiswa PMM UMM Sulap Lahan Gersang Sekolah Jadi Pojok TOGA Sekolah

Diperbarui: 17 Juli 2021   12:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyerahan pojok toga sekolah secara simbolis kepada pihak SDN Bulukerto 01 (Dokpri)

Batu -- Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam anggota kelompok 48 gelombang 8 Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) menyulap lahan gersang sekolah menjadi pojok toga sekolah. Pembuatan pojok toga atau tanaman obat keluarga ini merupakan salah satu program kerja yang diimplementaksikan dari sector pendidikan. Secara simbolis, pojok toga sekolah ini diserahkan kepad mitra, SD Negeri 01 Bulukerto Kota Batu pada 30 Juni 2021.

Latar belakang pembuatan pojok toga di SD Neger 01 Bulukerto Kota Batu adalah sebagai bagian dari upaya pemanfaatan lahan kosong yang berada disekolah. Lahan yang tak terisi dan gersang tersebut dimanfaatkan sebagai pojok toga sekolah. Selain untuk mengisi lahan kosong tersebut, pojok toga juga dapat digunakan sebagai sumber belajar, yaitu pengenalan tanaman obat kepada siswa. Siswa juga diharapkan memiliki jiwa kepekaan terhadap alam sekitar, bahwa alam juga menyediakan obat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit atau luka.

 "Kebetulan, sekolah kami baru saja direnovasi sehingga banyak tanaman yang rusak. Di belakang sekolah itu dulu kalau dilihat segar, tapi sekarang gersang tidak ada tanamannya" ujar Ermin yang juga menjabat sebagai seorang guru SD Negeri 01 Bulukerto. Setelah pembangunan gedung sekolah berdampak pada rusaknya beberapa tanaman yang ada di SD Negeri Bulukertp 01 Kota Batu.

Lahan sekolah yang sebelumnya telah memiliki tanaman yang cukup banyak. Namun, setelah pembangunan, terutama pada bagian belakang sekolah, banyak tanaman yang rusak akibat reruntuhan bangunan, lanjut Ermin. Kemudian, kelompok 48 gelombang 8 PMM UMM memiliki inisiatif untuk menggunakan lahan kosong tersebut sebagai pojok toga sekolah.

Penempelan poster edukasi tentang toga  (Dokpri)

Beberapa tanaman toga yang dipilih antara lain kumis kucing, pecut kuda, lengkuas/laos, serai, pandan wangi, iodium, dan patah tulang. Pemasangan poster mengenai toga dan manfaat dari masing-masing tanaman toga juga dilakukan untuk memperkuat pemahaman serta menghindari kesalahan pada saat mengidentifikasi tanaman toga tersebut. Melalui kegiatan penanaman toga di SD Negeri Bulukerto 01, mahasiswa pengabdi berharap dapat menambah variasi tanaman yang ada dan menjadi media pembelajaran bagi siswa. Selain itu, juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif obat bagi seluruh warga sekolah serta menggurangi ketergantungan akan obat kimia. (NHH & EAA)

Instagram: pmmummbulukerto || YouTube: PMM UMM BULUKERTO 8 48




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline