Lihat ke Halaman Asli

Ega Defria

Mahasiswa

Mampu Mengerti dan Menjelaskan tentang Bisnis dan Etika

Diperbarui: 13 April 2023   23:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PICTURE BY PINTEREST/Freepik

  • A. PENGERTIAN ETIKA BISNIS
  • Etika berasal dari kata Yunani yang hampir sama bunyinya namun berbeda artinya. pertama berasal dari kata ethos yang berarti adalah adat atau kebiasaan.yang kedua adalah etos yang artinya, perasaan batin atau kecenderungan batin yang mendorong manusia dalam perilakunya. jadi etika ini merupakan nilai atau norma-norma moral dalam suatu masyarakat

  • Sedangkan etika bisnis adalah Di mana setiap kegiatan bisnis itu memang harus mengedepankan Attitude perilaku yang baik Mengapa namanya mengedepankan kepentingan orang ya dan tidak melanggar hak orang lain gitu ya tujuannya Apa tujuannya kita beretika ini salah satu dalam sudut pandang bisnis adalah agar usaha kita ini punya reputasi di mata orang dan memiliki nama baik karena nama baik ini sangat penting sebagai modal utama bukan masalah uang tapi sebagai modal utama ini tuh adalah Attitude yang baik dengan modal utama

  • Kesimpulannya Bahwa pengertian dari etika bisnis adalah cara untuk berbisnis dan meliputi semua bagian yang berhubungan dengan perusahaan, masyarakat, dan individu dalam bidang ekonomi khususnya di bidang industri bisnis.

  • B. TUJUAN ETIKA BISNIS
  • meningkatkan kesadaran moral sehingga pembisnis bukan saja memikirkan keuntungan dan kegiatan operasional tapi juga nilai dan sikap yang harus dimiliki dengan adanya card Aini maka perselisihan dapat dihindarkan
  • membuat batasan batasan bagi para pelaku bisnis merupakan etika yang harus dimiliki batasan inilah yang membuat bisnis dapat berjalan dengan dengan sesuai standar dan menghindarkan kecenderungan
  • Meningkatkan relasi yang baik dengan para text holder dengan cara sederhana inilah maka secara tidak langsung hubungan yang terjalin akan awet dan terjaga
  • Memberikan motivasi kepada pelaku bisnis untuk mendapat meningkatkan kemampuan karena adanya standar yang sudah berlaku dan harus dipatuhi oleh seluruh pom bisnis
  • C. MANFAAT ETIKA BINIS BAGI PERUSAHAAN
  • Memiliki reputasi yang baik
  • Perusahaan yang menerapkan etika bisnis harusnya akan memiliki citra yang baik dan membuat pelanggan terus bertambah dengan cara ini perusahaan dapat berkembang dan mencapai target dengan sukses.
  • Menimbulkan kepercayaan
  • Perusahaan yang memiliki kejujuran akan mendapatkan manfaat seperti kepercayaan dari konsumen bukan saja loyalitas tapi mereka akan merekomendasikan bisnis anda tersebut kepada orang lain
  • Keuntungan maksimal
  • Perusahaan yang telah mencapai etika bisnis akan membuat pelanggan percaya dan menghasilkan keuntungan yang lebih maksimal
  • Menjunjung nilai moral
  • Nilai-nilai moral selalu berkaitan dengan etika bisnis bahkan memberi efek kepada perilaku dan moral karyawan dalam perusahaan nilai ini sendiri yang membuat perusahaan menjadi lebih unggul


  • D. PRINSIP-PRINSIP ETIKA BISNIS
  • Kita harus sadar apa dampak dari keputusan bagi orang lain ,bagi pihak lain,bahkan bagi perusahaan kita sendiri. tidaklah di dalam hal prinsip otonomi menjadi otonom di sini artinya kita memang harus punya hak dan tanggung jawab secara mutlak dalam melakukan tindakan, melakukan keputusan tapi harus ada terhadap dampaknya itu prinsip etika yang pertama. yang kedua sudah pasti kejujuran, ini sekarang kalau kita lihat dengan seksama. dalam dunia bisnis di mana kalian bisa melihat sendiri bersaing bisnis itu seringkali menuntut orang menjadi manipulatif,mengarang-ngarang mengurang-ngurangi produk bahkan sampai melebih-lebihkan produknya secara jor-joran dan fantastis contohnya iklan sebetulnya itu melanggar kaidah-kaidah kejujuran salah satunya  adalah kita dituntut transparan menyampaikan apa adanya. sebetulnya  tuntutan nya di sampai secara bijaksana. dengan masalah ini bisnis itu nggak akan bertahan lama kalau tampa kejujuran kalau kita membohongi konsumen Nah pasti lama-kelamaan orang tidak akan percaya tidak akan percaya lagi dengan produk kita. kalau kita membohongi konsumen Pasti lama-lamaan orang nggak akan percaya lagi  salah satu pondasi berkesinambungan tetap langgeng yaitu adalah jujur kepercayaan orang lain itu kepercayaan orang lain itu harus dibina harus dipelihara. Yang ketika integrasi moral. Integrasi moral sama saja dengan menjaga nama baik perusahaan dengan integrasi moral yang bagus maka kepercayaan masyarakat juga meningkat menerapkan prinsip integrasi Moral ini berarti semua pihak yang terlibat dalam perusahaan harus selalu menjaga nama baik perusahaannya. Yang keempat prinsip keadilan, Pada prinsip ini bermakna bahwa setiap orang mempunyai hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama dengan lainnya tidak di beda-bedakan jadi semua orang yang terlibat dalam bisnis berhak memberikan kontribusi yang baik secara langsung maupun tidak langsung pihak yang ada di dalam sebuah bisnis memiliki kemampuan serta peran dalam menunjukkan sebuah usaha.
  • E. TEORI ETIKA BISNIS.
  • TEORI EGOISME
  • Teori etika yang pertama adalah egoisme, egoisme ini adalah menjelaskan bahwa satu perilaku seseorang itu sebetulnya setiap individu atau orang itu hanya mementingkan diri sendiri. Kalaupun dia melakukan sesuatu kegiatan tindakan kemudian membantu orang lain itu pasti ada sesuatu dan dia berharap. bahwa suatu tindakan yang dia lakukan tersebut itu nantinya akan memberikan manfaat kepada dirinya sendiri.
  • TEORI HEDOISME
  • Teori yang kedua adalah hedonisme pada konsep hedonisme ini menjelaskan bahwa suatu individu. Dalam melakukan kegiatannya sehari-hari itu cenderung lebih menghindari ketidak senangan dengan kata lain,seseorang atau individu itu akan melakukan suatu tindakan yang lebih bisa memberikan kesenangannya bagi diri sendiri. Oleh karena itu suatu kegiatan yang disebut memberikan kesenangan maka itu akan dilakukan kemudian standar moral dan etika akan baik jika seseorang itu merasa senang tapi akan dikatakan tidak baik Jika seseorang itu merasa tidak senang itulah yang dinamakan konsep hedonisme.
  • TEORI UTILITARIANISME
  • Teori berikutnya yaitu utilitarisme Teori ini berasal dari bahasa Inggris yaitu utilily yang berarti berguna dan bertentangan bahwa satu tindakan itu dapat dikatakan baik jika membawa manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Kemudian untuk ini dipelopori oleh davidhum dan dikembangkan oleh Jeremy bottom tahun 1748-1832 dan di sini Teori ini juga menyatakan buzz bahwa satu tindakan yang dilakukan oleh seseorang itu dikatakan baik atau beretika jika tindakan tersebut memberi manfaat masa manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dengan demikian konsep dari teori ini berprinsip bahwa tindakan itu akan dinilai benar atau salahnya hanya dari itu memberikan manfaatnya kepada masyarakat atau tidak kemudian Teori ini jika dikaitkan dengan prinsip ekonomi yang atau kegiatan ekonomi berprinsip utulism itu bisa dikaitkan dengan prinsip analisis biaya dan manfaat.
  • TEORI DEONTOLOGI
  • Deontologi berasal dari bahasa Yunani yaitu "Deon" atau kewajiban beauty menurut etika deontologi suatu tindakan itu baik bukan dinilai dan dibenarkan akibat atau tujuan baik dari tindakan itu melainkan berdasarkan tindakan itu sendiri sebagai baik pada dirinya sendiri
  • TEORI TELEOLOGI
  • Kata teleologi lagi berasal dari bahasa "yunani" yaitu telor yang berarti tujuan atau akhir teori ini menganggap bisnis etis adalah yang berhasil menciptakan keseimbangan dengan baik hingga pada bejana akhir sehingga dalam kata lain teori ini berdasarkan konsep kebaikan.

BY ME

  • F. MENGAPA BISNIS PERLU BERETIKA?
  • Karena bisnis tidak hanya bertujuan untuk profit melainkan perlu mempertimbangkan nilai-nilai manusiawi apabila tidak akan mengorbankan hidup banyak orang sehingga masyarakat pun berkepentingan agar bisnis dilaksanakan secara etis
  •  bisnis dilakukan di antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya sehingga membutuhkan etika sebagai pedoman dan orientasi bagi mengambil and the pengambilan keputusan kegiatan dan tindak tunduk manusia dalam berhubungan bisnis satu dengan yang lainnya
  •  Bisnis  saat ini dilakukan dalam persaingan yang sangat ketat maka dalam persaingan bisnis tersebut seorang orang yang ber orang yang sering dengan tetap memperhatikan norma-norma etis pada iklim yang semakin profesional justru akan menang
  • G. PERAN ETIKA DALAM BISNIS
  • Peran etika bisnis dalam sebuah perusahaan saya ringkas menjadi dua yang mencakup keseluruhan peran etika bisnis tersebut. yang pertama adalah untuk membentuk perusahaan, membentuk perusahaan Seperti apa yaitu membentuk suatu perusahaan yang kokoh dan memiliki desain daya saing yang tinggi mengapa etika bisnis dapat membentuk sebuah perusahaan karena dengan hal ini ketika etika bisnis Suprapto dalam sebuah perusahaan maka para pegawai dan juga para pekerja yang ada di dalam perusahaan tersebut pastinya akan tahu langkah-langkah sesuai etika yang baik untuk mencapai goals perusahaan itu seperti apa menjadi perusahaan tersebut dapat memiliki desain yang sangat memiliki meningkat hal yang kedua adalah value correction nah yang ini pengertiannya adalah untuk membentuk perusahaan agar mempunyai kemampuan menciptakan nilai atau value dari perusahaan tersebut yang akan jauh semakin lebih tinggi kenapa begitu kita tahu bahwa value atau nilai dalam sebuah perusahaan dicerminkan dari orang-orang yang ada di dalam perusahaan tersebut dari hal ini jika orang seperti yang saya katakan tadi jika seorang atau semua sebagian besar dari perusahaan memiliki etika yang baik otomatis perusahaan tersebut akan dipandang dengan seri yang tinggi oleh orang lain dengan klien dengan pelanggan dan lain sebagainya.

  • H. ALIRAN DALAM ETIKA BISNIS.
  • UTILITARIANISME
  • Berasal dari bahasa latin utilitas yang berarti bermanfaat baik atau buruk setiap tindakan diriku dari apakah tindakan itu menghasilkan tingkat kesenangan atau kebagian dan pemanfaatannya terbanyak dengan mengorbankan yang sedikit.
  • EGOISME ETIS
  • Egoisme etis intinya pandangan egoisme ini adalah bahwa tindakan dari setiap orang pada dasarnya bertujuan untuk mengejar pribadi dan memajukan pribadinya sendiri satu-satunya tujuan tindakan moral setiap orang adalah mengejar kepentingan pribadi dan memajukan dirinya.
  • I. MASALAH DALAM ETIKA BISNIS
  • Masalah dalam bisnis dapat diklasifikasikan ke dalam 5 kategori sebagai berikut:
  • SUAP (BRIBERY)
  • Tindakan berupa menawarkan memberikan, meminta, atau menerima suatu dengan tujuan mempengaruhi tindakan seorang pejabat dalam melaksanakan kewajiban publik.
  • PAKSAAN (COERCION)
  • Tekanan, batasan, dorongan, dengan paksa menggunakan jabatan atau ancaman dapat berupa ancaman untuk mempersulit kenaikan jabatan, pemecatan, atau penolakan industri terhadap individu.
  • PENIPUAN (DECEPTION)
  • Tindakan memperdaya, menyesatkan yang disengaja dengan mengucapkan atau melakukan
  • PENCURIAN (THEFT)
  • Tindakan mengambil sesuatu yang bukan hak kita atau mengambil properti tanpa persetujuan pemiliknya.
  • DISKRIMINASI
  • Perlakuan tidak adil atau penolakan terhadap orang orang tertentu yang disebabkan oleh ras, jenis kelamin, kewarganegaraan, atau agama.

  • J. HAL YANG HARUS DIPERLIHATKAN DALAM ETIKA BISNIS
  • Pengendalian diri
  • pengembangan tanggung jawab sosial
  • mempertahankan jati diri
  • menciptakan persaingan yang sehat
  • menerapkan konsep pembangunan berkelanjutan
  • menghindari sifat 5K (katabelece,kongkalikong,koneksi,kolusi,dan komisi)
  • mampu menyatakan bahwa yang benar itu benar Yang Salah itu salah
  • menumbuhkan Sikap saling percaya antar golongan pengusaha
  • memelihara kesepakatan membangun hukum positif.
  • K. ISU UTAMA ETIKA BISNIS
  • Masalah etika klasik: sesuatu bebas nilai
  • Pemalsuan atau pembajakan hak cipta
  • Diskriminasi dan perbedaan gender, agama,dll
  • Konflik sosial.
  • L. NILAI-NILAI ETIKA BISNIS
  • Kejujuran
  • Kejujuraan merupakan salah satu kunci keberhasilan berbisnis
  • Rendah hati
  • Jangan lakukan bisnis dengan sombong
  • Simpatik
  • Kelola emosi,tampilkan wajah ramah dan simpatik
  • Keadilan
  • Perlakukan orang sesuai haknya
  • Kecerdasan
  • Diperlakukan kecerdasan atau pandai untuk menjalankan strategi bisnis.

BY ME

  • M. SASARAN  DAN LINGKUP POKOK ETIKA BISNIS
  • Sasaran ruang lingkup etika bisnis adalah membangun kesadaran kritis pelaku bisnis bahwa bisnis adalah aktivitas yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang harus dicapai dengan cara-cara. yang baik ,tidak curang, tidak merugikan orang lain dan keuntungan yang dicapai juga meliputi non finansial, profit ,modal,citra pelayanan, tanggung jawab sosial, integrasi, moral mutu, dan kepercayaan Adapun tiga sasaran dan ruang lingkup pokok etika bisnis yaitu yang pertama. etika bisnis sebagai etika profesi membahas sebagai prinsip kondisi dan masalah yang terkait dengan praktek bisnis yang baik dan etis etika bisnis juga bertujuan untuk menghimbau para pelaku bisnis untuk menjalankan bisnis secara baik dan secara etis karena bisnis yang baik dan etis menunjang keberhasilan bisnisnya dalam jangka yang panjang dan berfungsi menggugah kesadaran moral para pelaku bisnis untuk berbisnis secara baik dan etis demi nilai-nilai Luhur tertentu dan demi kepentingan bisnisnya sendiri etika bisnis dalam lingkupnya yang pertama ini tidak hanya menyangkut perilaku dan organisasi Perumahan serta internal melainkan juga menyangkut secara eksternal yang kedua sasaran untuk menyadarkan Masyarakat khususnya konsumen karyawan dan masyarakat luas akan hak dan kepentingan mereka yang tidak boleh dilanggar oleh praktek bisnis siapapun juga pada tingkat ini etika bisnis berfungsi untuk mengunggah masyarakat untuk bertindak menurut para pelaku bisnis untuk berbisnis secara baik demi terjaminnya hak dan kepentingan masyarakat etika bisnis mengajak masyarakat luas untuk sadar dan bertanggung jawab menurut haknya agar hak dan kepentingannya itu tidak dirugikan oleh pembisnis yang ketiga ketika bisnis secara mengenai Sistem ekonomi yang sangat menentukan etis tidak suatu praktek bisnis dalam hal ini etika bisnis lebih bersifat makro yang karena itu barangkali lebih tepat disebut sebagai etika ekonomi ketiga lingkup dan sasaran etika bisnis ini terkait erat dengan hal yang lain dan bersama-sama menentukan baik tidaknya tidak praktek bisnis tersebut.
  • N. CONTOH KASUS ETIKA BISNIS
  • Untuk menjaga bisnis tetap berjalan dengan baik, tentu menerapkan prinsip etika bisnis ini sangat penting untuk dilakukan karena dari kebiasaan kecil tersebut bisa menjadi upaya menghindari jeratan-jeratan pasal dalam menjalankan usaha.



  • Pelanggaran dalam etika berbisnis lembaga pers
  • Contoh kasus etika bisnis yang sering kita temui adalah suatu penyebab salah satunya adalah kata suap menyuap antara pejabat dan jurnalis bukan satu dua kali loh  pejabat berusaha memberi uang sogokankan kepada jurnalis untuk menutupi kesalahannya. tetapi sudah banyak bahkan sudah di anggap hal sepele pelanggran tersebut tidak sesuai dengan 5 prinsip terutama honestly dan responsibility setelah ini itu dalam pasal 6 kode etik jurnalistik juga telah diatur bahwa jurnalistik sendiri di indonesia tidak boleh menyalahgunakan profesinya serta menerima suap menyuap.
  • Pelanggaran dalam etika berbisnis perusahaan barang
  • Contoh yang paling sering didengar atau paling sering ditemui adalah kasus penimbunan  masker yang terjadi pada awal tahun covid-19 banyak tokoh dalam e-commerce seperti tokopedia dan shoope yang sengaja membeli masker dalam jumlah yang sangat besar untuk ditimbun dan dijual kembali dengan harga yang sangat tinggi Hal tersebut merupakan tindak yang hanya menguntungkan pihak toko saja karena hasil menjual produk dengan harga yang tinggi yang menguntungkan buat penjual kasus ini tersebut bisa menjadi pelanggaran karena tidak sesuai dengan prinsip equilibrium dalam sebuah bisnis.
  • O. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ETIKA BISNIS
  • Melihat banyaknya pelanggaran etika yang terjadi antara perusahaan dan stacker holder Munculkan asumsi bahwa ada hal-hal yang mempengaruhi etika bisnis
  • pressure yang didapat karena persaingan kompopiter
  • kondisi ekonomi
  • kesalahan operasional
  • pengetahuan individu akan etika
  • demand pasar yang tidak sesuai dengan kemampuan perusahaa.

P. ETIKA YANG BAIK SANGAT PENTING DALAM BISNIS.

Dengan etika yang baik kita akan menemukan sukses dalam definisi terbaik seorang yang beretika paham bahwa dirinya bernilai. menjadi seorang yang beretika sama dengan membangun nama baik sendiri. seorang yang beretika akan dihormati,seseorang yang beretika akan mendapatkan tim yang beretika.sukses dengan beretika akan terasa berbeda dibanding sukses di bawah penderitaan orang lain.

  • CONTOH PELANGGARAN ETIKA BISNIS
  • Agar pelaku usaha dapat menjalankan bisnis dengan maksimal pentingnya kamu mengetahui Apa saja contoh pelanggaran-pelanggaran dalam etika berbisnis yaitu pelanggaran hukum yaitu sebuah perusahaan yang melakukan PHK namun tidak memberikan pesangon sama sekali,
  • pelanggaran kejujuran yaitu perusahaan yang dapat dikatakan berhasil terhadap kejujuran agar mereka  memberikan harga yang sejujurnya kepada konsumen serta kualitas-kualitas dari barang yang ditawarkannya ada pelanggaran empati dan pelanggaran transplantasi juga ada tiga macam pendekatan dasar di dalam perumusan tingkah laku bisnis diantaranya adalah sebagai berikut dalam menjalankan sebuah bisnis setiap pemilik usaha harus menjadi panutan sebagai orang lain yaitu mampu mengenai tanggung jawab dan menyadari peluang sesuai dengan tanggung jawab jabatannya salah satu nya dengan memastikan bisnis dapat berjalan dengan baik

BY ME

Q. LANGKAH-LANGKAH MEMBANGUN ETIKA BISNIS

  • bersikap jujur
  • menggunakan bahasa yang baik dan sopan
  • berpakaian rapih
  • bertanggung jawab
  • saling menguntukangkan
  • saling percaya antara satu sama lain
  • saling menghargai
  • berkomunikasi secara terbuka
  • saling memberikan contoh yang baik
  • saling memberikan kepercayaan

R. ETIKA DITEMPAT KERJA

  • hormati penampilan
  • menghargai orang lain
  • jangan campurkan urusan pribadi dan kerjaan
  • pribadi yang fleksibel
  • jaga kerapihan
  • hormati semua orang yang ada di kantormu
  • jadilah pribadi yang bertanggung jawab

S. INDIKATOR ETIKA BISNIS

Kehidupan bisnis modern menurut banyak pengamat cenderung mementingkan keberhasilan material menempatkan material pada urutan prioritas utama mendapat dorongan para pelaku bisnis dan masyarakat umum melirik dan menggunakan paradigma dangkal tentang makna dunia bisnis itu sendiri sesungguhnya dunia bisnis tidak sesadis yang dibayangkan orang dan material bukanlah harga mati yang harus diupayakan dengan cara apa yang dan bagaimanapun.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline