Lihat ke Halaman Asli

Ega Wisnu

mahasiswa

Kembangkan Pemahaman Mitigasi Bencana Melalui Peta Kerawanan Longsor Desa Petirsari

Diperbarui: 11 Februari 2023   16:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kabupaten Wonogiri (08/02/2023), Rangkaian Kegiatan Tim I KKN Universitas Diponegoro periode 2022/2023 berlokasi di Desa Petirsari, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Desa Petirsari merupakan salah satu desa yang dilalui oleh Sungai Bengawan Solo Purba yang sangat berpotensi untuk dijadikan tempat wisata. Namun, dibalik semua keindahan tempatnya terdapat ancaman yang cukup serius terhadap warga desa. Ancaman tersebut adalah longsor.

Dilatarbelakangi oleh permasalahan di atas, Ega Wisnu Suryojati yang merupakan salah satu mahasiswa Tim I KKN Universitas Diponegoro membuat program "Pembuatan dan Sosialisasi Peta Kerawanan Longsor Desa Petirsari".

Pelaksanaan program dilakukan selama kurang lebih 2 minggu dengan metode penginderaan jauh menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). Berdasarkan analisis, didapatkan beberapa titik daerah rawan longsor. Dusun tersebut antara lain Dusun Mendak dan Dusun Bakagung. Pada pengolahan-nya digunakan parameter meliputi litologi, kelerengan, lineament density, curah hujan, kerapatan vegetasi, dan tutupan tataguna lahan. Setelah itu, dilakukan pembuatan peta berbasis SIG dengan menggunakan software ArcGIS.

Dokpri

Hasil akhir peta berupa peta kerawanan longsor. Peta tersebut kemudian diserahkan kepada Kepala Desa Petirsari pada 1 Februari 2023. Dengan harapan dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Petirsari akan bahaya tanah longsor.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline