Lihat ke Halaman Asli

Efrain Limbong

TERVERIFIKASI

Mengukir Eksistensi

Nomor Urut 3 dan Dimensi Keberlanjutan Pasangan "Sangganipa"

Diperbarui: 1 Oktober 2024   12:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pasangan Sangganipa mendapat nomor urut 3 dalam Pilgub Sulteng. (Dokumentasi Instagram Rusdy Mastura) 

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura-Sulaiman Agusto Hambuako atau Sangganipa, resmi mendapat nomor urut 3 dalam kontestasi Pilkada Gubernur (Pilgub) Sulteng tahun 2024.

Dengan adanya nomor urut tersebut akan memudahkan pemilih di Sulteng nantinya, untuk mencoblos pasangan Sangganipa. Sebagaimana tertera dalam surat suara pada saat voting day (pemungutan suara) tanggal 27 November 2024.

Lepas dari nomor urut yang sudah dimiliki, paling penting saat ini adalah bagaimana meyakinkan pemilih di Sulteng terhadap pasangan Sangganipa, selaku petahana dalam Pilgub Sulteng.

Yakni dalam memberikan preferensi politiknya bagi pasangan Sangganipa untuk melanjutkan pemerintahan lima tahun ke depan. Mengingat program yang sudah dikerjakan perlu dilanjutkan, agar hasilnya lebih berdampak bagi masyarakat dan daerah Sulteng.

Mensosialisasikan konsepsi politik keberlanjutan ini, harus sejalan dengan sosialisasi nomor urut pasangan Sangganipa oleh tim pemenangan, relawan dan simpatisan, agar lebih masif ke tingkat grassroot.

Mengingat rivalitas yang dihadapi pasangan Sangganipa dalam kontestasi Pilgub Sulteng saat ini cukup ketat. Di mana harus bersaing dengan dua pasangan calon lainnya, dalam merebut preferensi pemilih di Sulteng.

Suasana pengundian nomor urut pasangan calon Pilgub Sulteng. | Dok Instagram KPU Provinsi Sulteng

Sebagaimana data dari KPU Provinsi Sulteng terdapat 2.255.639 daftar pemilih tetap di Sulteng. Dengan perincian laki-laki sebanyak  1.149.644 dan perempuan sebanyak 1.105.994 pemilih. Adapun total TPS di Sulteng sebanyak 5496.

Rivalitas dalam merebut preferensi pemilih dengan jumlah yang dominan, tentu membutuhkan kerja optimal dan efektif dengan memanfaatkan berbagai instrumen saluran komunikasi politik yang dimiliki.

Serta mengedepankan citra positif kandidat Sangganipa yang sudah bekerja nyata dalam membangun daerah Sulteng. Keuntungan sebagai petahana yang sudah terlihat kinerjanya, harus menjadi branding kampanye dalam narasi kinerja dan keberlanjutan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline