Lihat ke Halaman Asli

Efrain Limbong

TERVERIFIKASI

Mengukir Eksistensi

Pesona Keindahan Lembang Ma'dong sebagai Destinasi Wisata

Diperbarui: 29 September 2024   20:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Potret keindahan Lembang Ma'dong di Toraja Utara. (Dokumentasi Pribadi) 

Berada di pelosok pegunungan Kabupaten Toraja Utara, terdapat Lembang (desa) Ma'dong yang memiliki landscape alam yang eksotis. Dimana potensial sebagai destinasi wisata alam bagi para wisatawan.

Lembang Ma'dong sendiri berada di Kecamatan Denpina. Walau berada di pelosok pegunungan, namun akses transportasi ke desa tersebut sudah bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor.

Adapun jarak tempuh kurang lebih 20 kilometer dari ibukota Rantepao. Sementara waktu tempuh sekitar satu jam jika menggunakan kendaraan roda empat. Jika menggunakan roda dua, waktu tempuh bisa lebih cepat lagi.

Dengan akses jalan yang terhubung ke Desa Ma'dong, tidak ada kendala bagi wisatawan untuk berkunjung ke desa tersebut. Walau diakui ada beberapa titik ruas jalan yang dalam kondisi rusak.

Dari jalan utama Rantepao menuju Lembang Ma'dong di Kecamatan Denpina melalui jalur tanjakan dan penurunan pegunungan. Dimana akan mendapati pemandangan alam yang menarik, sehingga tidak bosan saat melintasi ruas jalan tersebut.

Lembang Ma'dong sendiri memiliki wilayah administrasi yang terdiri dari empat dusun. Yakni Serre, Ma'dong, Waka dan Kendenan. Di tiap dusun tersebut memiliki landscape alam yang indah dan menarik.

Spot wisata persawahan terasering di Lembang Ma'dong. Dok Pri

Beberapa spot yang dapat dinikmati saat berkunjung adalah persawahan terasering dengan panorama yang indah. Sawah terasering adalah sawah bertingkat yang dibuat di daerah pegunungan.

Wisatawan pasti berdecak kagum jika menikmati sawah terasering yang terhampar hijau dipandang mata. Saya sendiri hampir dua minggu berada di Desa Ma'dong, tidak bosan untuk mengeksplor spot persawahan tersebut.

Yang unik dari persawahan tersebut adanya kolam yang dalam bahasa Toraja disebut Kuang berbentuk lingkaran atau kotak, Dimana berfungsi sebagai tempat budidaya ikan air tawar, seperti gabus, nila dan ikan mas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline