Lihat ke Halaman Asli

Efrain Limbong

TERVERIFIKASI

Mengukir Eksistensi

Belajar Kiat Berjiwa Besar dari Admin Kompasiana

Diperbarui: 17 Februari 2022   10:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Artikel Kompasiana. Doc Pri

Sebuah pepatah bijak mengatakan, "Keharmonisan sebuah rumah tangga terletak pada sikap tanggung jawab dan terbangunnya komunikasi yang sehat."

Saya ingin mengatakan, antara Kompasianer dan Admin Kompasiana sejatinya adalah sesama anggota keluarga besar. Adapun wadah berumah tangga itu bernama Kompasiana yang menjadi tempat berekspresi dan menuangkan karya karya tulisan yang original.

Sebagai sesama anggota keluarga, mutlak harus terjalin komunikasi yang baik dan sehat, agar rumah tangga terjalin damai dan tentram. Bukan sebaliknya membuat kegaduhan, apalagi sampai menyindir sesama anggota keluarga sendiri, sehingga menimbulkan ketidakharmonisan.

Namun saya senantiasa salut terhadap kepribadian Admin Kompasiana yang tidak pernah terpancing, apalagi sampai kebakaran jenggot menghadapi kegaduhan yang ditimbulkan oleh segelintir Kompasianer.

Semisal Kompasianer kritis Engkong Felix Tani yang tak bosan bosannya menyoroti bahkan 'mempermalukan' Admin Kompasiana  secara vulgar. Dan sialnya diketahui oleh seisi rumah tangga Kompasiana.

Namun lihatlah apa tanggapan Admin Kompasiana. Jangankan tersinggung berat sembari mengebrak meja, sebaliknya tetap santai saja tanpa beban. Salutlah atas sikap berjiwa besar yang dimiliki Admin Kompasiana.

Yang bikin tambah heran, artikel antagonistik Engkong Felix malah diberi Label Pilihan. Seakan akan Admin Kompasiana merekomendasikan agar para Kompasianer perlu membaca artikel Engkong Felix yang sudah mempermalukan diri Admin.

Seperti artikel Engkong Felix berjudul "Artikel Admin Kompasiana selalu AU, padahal tidak layak HL." Ini sebenarnya 'menampar' wajah Admin Kompasiana di rumah sendiri dan disaksikan anggota keluarga besar lainnya. Ini adalah bibit ketidakharmonisan yang hadir di rumah Kompasiana.

Saya sendiri sebagai keluarga besar Kompasiana sebenarnya turut merasa risih, walaupun kalau dipikir pikir ada benarnya juga Engkong Felix. Tapi jangankan merasa malu, oleh Admin Kompasiana artikel tersebut malah diberi Label Pilihan. Luar biasa bukan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline