Lihat ke Halaman Asli

Efi Fitriyyah

Kompasianer Bandung

Fenomena Salat Tarawih Ngebut

Diperbarui: 29 Juni 2015   11:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sudah hari  ke-12 di bulan ramadan, ya. Kita sudah terbiasa  merasakan lapar dan haus di tengah hari. Biasa  bangun sahur  meski kadang masih suka ngantuk. Ngomongin soal  kebiasan  di bulan Ramadan,  ada juga kebiasaan  lain yang tidak kita jumpai di bulan lain.Tarawih berjamaah.

Buat saya  mau ambil 11 rakaat silahkan, 23  pun  monggo. It's your choice. Kalau ga salat  tarawih  pun setiap orang punya alasan sendiri-sendiri kenapa ga sempat. Mungkin sibuk atau sakit misalnya.

Saya sendiri  lebih milih pergi ke masjid buat tarawihan,  meski  bisa  juga di rumah.  Ya, kan? Tapi kan ada pahala berjamaah.  27 kali lipat daripada sendiri. Ga tau  juga  seperti apa  kualitas salat  saya  dalam catatan cctv di kanan kiri saya.  Selagi  bisa  dan ga sibuk saya usahain pergi salat.  Kalau di rumah mah bawaannya  males.  Ada aja faktor yang bikin kita menunda.  Bunyi   notif dari  sosmed  yang tang ting tung  lah, acara tv lah atau keponakan yang ngajak bercanda, atau malah ngantuk gara-gara kekenyangan  habis  buka? Hehehe.... bisa  jadi. Meski sudah lama saya  tidak terbiasa  makan  kalap  kayak orang kelaparan saat buka.  Pokoknya  kalau salat tarawih di rumah itu  godaannya  makin kenceng.

Nah ngomongin soal durasi  salat tarawih, Beberapa  waktu lalu saya sempat baca status  facebook  teman-teman  yang mengeluh salat rakaatnya  yang pada ngebut. Buat saya, yang namanya panjang atau pendeknya  waktu salat  itu relatif. Kalau ayatnya panjang-panjang  ya  lama. Tapi  kalau pendek-pendek  ya  lebih cepat selesai.  Tapi kalau misalnya  nih ada  yang  tarawihnya   cepat - let's say  4 rakaat  isya,  2 rakaat sunah, dan 11 rakaat tarawih  selesai dalam 35 menit,  gimana? Buat saya sih spektakuler, wow!  Ngebut.  MAlah katanya ada  juga  yang 23 rakaat  selesai  kurang dari satu jam.   

Sekarang gini deh, saya kasih analogi simple.  Misalnya  nih, kita tuh mau ketemu  atasan. Entah mau  menyampaikan laporan lah, atau  ada sesuatu  yang akan disampaikan, pastinya  kita bakal mikir  dulu. Baiknya  gimana, ya? Enaknya mulai dari mana dulu  ya?  

Datang  ke ruangan bos aja  kita  pake ketuk pintu dulu,  nunggu dipersilahkan duduk dan basa-basi dikit.  Kan ga mungkin  tiba-tiba bilang, “Bos, saya  butuh duit  nih,  10 jt  buat keperluan  mendadak.“ Kan ga mungkin  tiba-tiba datang  ke ruangan  bos, ngomong  gitu,  lalu pergi, kayak hit and  run.

Sama manusia  aja kita segan,  mikir  dulu mau ini  itu. Masa sih sama Allah  enggak?  Kalau pun tidak kuat berlama-lama,  mendingan sedikit tapi nyaman tapi daripada  banyak  tapi ga dinikmati.  Dalam sebuah hadits aja  disebutkan kalau  Allah  menyukai amalan yang baik, bukan  yang banyak.  Sama seperti sedekah, yang ngasihnya dikit  bisa jadi pahalanya  lebih gede  daripada  yang ngasihnya  banyak.

Yuk, woles  aja salat tarawihnya. Jangan ngebut-ngebut,  kasian juga  yang udah sepuh kalau diajak tarawih.  Bisa-bias encoknya pada kumat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline