Lihat ke Halaman Asli

Efi MurniSari

Mahasiswa

Tips mengatur waktu efektif untuk meningkatkan produktivitas harian

Diperbarui: 10 Desember 2024   18:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

ditengah kesibukan sehari-hari, mengelola waktu dengan efektif adalah kunci mencapai tujuan tanpa merasa kesulitan. Dengan cara yang tepat bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat, sekaligus menjadi keseimbangan hidup. berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas harian : 

1. Tentukan Prioritas Harian

setiap pagi,malam sebelumnya, buat daftar tugas berdasarkan tingkat kepentingan dan urgensi.Gunakan metode Eisenhower Matrix untuk mengkategorikan tugas menjadi : 

* penting dan mendesak

* penting tapi tidak mendesak

* tidak penting tapi mendesak

* tidak penting dan tidak mendesak

fokuskan pada tugas yang penting terlebih dahulu untuk memastikan pekerjaan utama selesai tepat waktu

2. Menggunakan Teknik Time Blocking

metode ini melibatkan pembagian waktu kedalam blok-blok tertentu untuk tugas spesifik. Misalnya, alokasikan dua jam untuk menyelesaikan laporan, satu jam untuk rapat, dan setengah jam untuk membaca buku. Dengan cara ini, lebih fokus pada satu tugas tanpa terganggu oleh hal lain

3. Hindari Multitasking

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline