Lihat ke Halaman Asli

Efendi BBIO

Saya adalah seseorang yang menyukai banyak hal. Seperti tanaman hias, membaca dan juga blogging.

Manfaat Teknologi dalam Proses Belajar Mengajar Anak Usia Dini

Diperbarui: 5 Desember 2022   10:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pada masa era globalisasi teknologi merupakan salah satu sarana yang tidak lepas pada kehidupan sehari-hari untuk melakukan aktivitas. Jadi dalam era globaliasai seperti sekarang ini mau tidak mau kita harus berhubungan dengan teknologi khususnya teknologi informasi, karena teknologi ini sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. 

Nah sebaiknya kita tidak gagap terhadap perkembangan teknologi informasi. Ada penelitian yang menyatakan bahwa siapa yang telambat menguasai informasi, maka akan terlambat pula mememperoleh kesempatan untuk maju.

Seiring perkembangan teknologi telah bepengaruh pada kebidupan baik dibidang, politik, kebudayan seni dan bahkan di dunia pendidikan. Dunia pendidikan harus mau mengadakan inovasi ynag positif untuk kemajuan pendidikan dan sekolah.

Tidak hanya inovsi dibidang kurikulum, sarana prasarana, namun inovasi menyeluruh dengan menggunakan teknologi informasi dalam dunia pendidikan, khususnya sekarang ini yang lagi di gencar-gencarkanya pendidikan anak usia dini. Teknologi pendidikan dapat mengubah cara pembelajaran yang konvensional menjadi nonkonvensional.

Pengajaran pendidikan anak usia dini sangat diperlukannya teknologi, baik teknologi secara manual dan teknologi komputer. Pengenalan teknologi pada pengajaran anak usia dini bertujuan untuk menciptakan generasi-generasi yang lebih unggul, juga mampu bersaing kelak ketika mereka sudah dewasa. 

Karena anak usia dini merupakan masa golden age, dimana terbentuknya petumbuhan dan perkembangan otak pada masa usia dini sekitar 0-8 tahun mencapai 80% pertumbuhan dan pekermbangan pada otak manusia. 

Ibarat sebuah spon mereka mampu menyerap ilmu atau apapun yang mereka terima yang diberikan lingkungannya pada masa petumbuhan dan perkembangannya. Sehingga pada usia dini ini harusnya anak diberikan hal yang bermanfaat untuk masa depan seperti teknologi informasi.

Teknologi informasi sangat berperan penting dalam sarana dan prasaran pembelajaran. Tujuan di berikannya pengajaran teknologi informasi pada aak usia dini adalah mengenalkan teknologi informasi. 

Selain itu untuk memudahkan anak usia dini dalam membantu proses belajar dengan cara yang menyenangkan, kreatif, imaginatif. Pemakainan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sumber belajar, seperti CD interaktif kini semakin berkembang dalam modifikasi isi dari pembelajranya. Contohnya: belajar berhitung, belajar mebaca, mengenal huruf, mengenal warna, geometri, bentuk juga mengenal lingkungan binatang dan tumbuh-tumbuhan. Ada pula games-games yang menyenangkan anak-anak tetapi juga syarat dalam pemeblajaran seperti puzzle huruf. 

Sehingga tanpa disadari anak akan mengenal banyak kosakata alm bahasa inggris, Memahami bagaimana cara menghitung. Pada masa sekarang ini banyak orang tua memaksakan anak belajar tanpa memikirkan kebutuhan dan hak dalam dunia anak yaitu bermain. Dengan adanya sarana dan prasrana teknologi informasi dan komunikasi sebagai sumber belajar yang dapat menjadikan pembelajaran menjadi lebih atraktif juga kreatif sehingga membuat anak menjadi lebih tertantang untuk bermain sambil belajar.

Anak-anak pada usia dini sangat cepat dan mudah belajar seraya bermain, yang terkadang kita sebagai orang tua atau juga sebagai pendidik anak usia dini tidak boleh melupakan pengawasan dalam pembelajaran yang menggunakan sumber belajar teknologi infomasi komunikasi (TIK). agar anak-anak tidak jauh melenceng dari pengenalan pembelajaran yang kita harapkan pad tujuan semula yaitu menjadikan TIK sebagai sumber belajar yang cocok dan pantas bagi anak usia dini. Karena sebagaiman kita tahu, selain TIK memiliki dampak positif dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan anak dalam belajar juga memiliki dampak negatif jika kurang atupun lengah terhadap pengawasan dalam pembelajaran yang menggunakan TIK. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline