Lihat ke Halaman Asli

Efa Butar butar

TERVERIFIKASI

Content Writer

3 Rekomendasi "Fashion Item" untuk Perempuan Non-Muslim Selama Bulan Puasa

Diperbarui: 31 Mei 2018   23:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu contoh mix and match jaket dan syall | Foto: brilistyle.brilio.net

Dua minggu telah berlalu, tak lama lagi kita akan kembali dipertemukan dengan hari nan Suci. Berbicara tentang bulan Ramadan, rasanya kurang afdol jika pembicaraan tak menghampiri ke arah pakaian yang akan digunakan dalam keseharian.

Biasanya di moment ini, banyak orang yang melakukan perubahan besar-besaran dalam dirinya. Hijrah menjadi lebih baik. Dari yang tak berhijab menjadi berhijab, dari yang masih memakai baju 'pas' menjadi lebih menutup aurat yang syaratnya ternyata mutlak bagi umat Muslim. Gamis biasanya menjadi pilihan terbaik yang banyak dipercaya para kaum hawa menjadi pakaian utama di hari Idul Fitri.

Pria sih biasanya simpel yaa... Beli baju koko, cari celana yang sepadan dengan baju, maka lengkap sudah urusan pakaian di hari Lebaran nanti. Perempuan ini nih yang biasanya ribet banget urusan baju. Nyarinya ngga akan beres di satu tempat saja. Keliling dulu sampai lelah, dan ujung-ujungnya kembali ke toko yang pertama.

Baju dan sepatu adalah kepantangan untuk dibeli di tempat yang sama. Kudu beda. Kalau bisa, jangan sampai ada satu orang pun yang menyamai pakaiannya di saat Lebaran. Tampil beda, cantik sendiri, fashionable sendiri. Harus!

Hmmm... tapi mudah-mudahan tujuan utama sahabat-sahabat sesama wanita yang Muslim bukan urusan fashion yaa, tapi memaknai makna Ramadan itu sendiri. Membawa diri untuk sebuah perubahan yang lebih baik ke depannya terkait dengan pikiran, dan rohani.

Mari kita kesampingkan sejenak saudara-saudara kita yang ingin memperbaiki diri, maka, sebagai bentuk menghargai perbedaan, sebagai penganut Non Muslim, seharusnya ada beberapa rekomendasi fashion item juga yang dapat kita gunakan agar tampak lebih sopan dan menghargai saat bepergian bersama dengan rekan-rekan umat Muslim, termasuk saat bepergian sendiri ke tengah-tengah fasilitas umum.

1. Jaket

Apaan sih jaket? Jakarta lho! Panas!

Ya sebenarnya engga harus jaket sih. Ada beberapa pilihan outifit yang dapat dipakai untuk saat bepergian, cardigan misalnya, tetap terlihat casual jika dipadankan dengan blouse serta celana bahan -- untuk digunakan saat bekerja.

Bisa juga disiasati dengan blazer saat suhu sedang dingin. Menggunakan pakaian yang sopan selain lebih enak dipandang mata, wanita juga dapat terhindar dari kemungkinan terjadinya kekerasan-kekerasan seksual yang bisa saja terjadi akibat pakaian yang "kurang bahan" dan mata pria hidung belang yang tak dapat dikontrol.

Pilihlah pakaian yang tidak terlalu pas. Jika ukuran pakaianmu biasanya M, mungkin boleh kamu pilih satu ukuran lebih besar. Tidak usah terlalu khawatir, biasanya pakaian yang kedodoran malah menantang diri kita untuk berkreasi lebih jauh. Dan biasanya hasilnya memuaskan karena pakaian yang kita kenakan keluar dari comfort zone alias pakaian yang biasanya kita pakai itu-itu saja.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline