Lihat ke Halaman Asli

Efa Butar butar

TERVERIFIKASI

Content Writer

Tips-tips Agar Bulan Ramadan Tak Bikin Kantong Bolong

Diperbarui: 28 Mei 2018   23:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Agar bulan puasa tak bikin kantong bolong | Foto: beritagar.id

Hal-hal yang Membuat Bulan Puasa Malah Jadi Boros

Sebulan sebelum memasuki bulan puasa, tak jarang saudara-saudara yang menjalankan ibadah puasa telah memiliki jadwal buka bersama dengan kerabat. Dengan teman TK, SD, SMP, SMA, Kuliah, belum rekan kerja, belum lagi organisasi, belum lagi kalau ada genk. Semua sudah tersusun rapi jadwal buka puasa bersamanya. Kudu. Semua prioritas yang harus dihadiri satu per satu karena moment ini tepat sekali untuk melepas rindu lepas kesibukan masing-masing setiap harinya yang menyulitkan untuk sekedar berbincang ringan. Bagus pula untuk memperbaiki kerenggangan hubungan hingga kembali membaik.

Hmmm, satu bulan beberapa kali buka puasa bersama dengan minimal bayar untuk setiap menu yang telah dipesan. Belum lagi pengeluaran untuk berburu makanan berbuka puasa, jangan lupa list baju baru, perlengkapan sholat yang baru, sepatu dan alat make up yang baru agar lebih pede saat bersilaturahmi ke rumah kerabat.

Huaaa. Bocor deh itu dompet!

Eh, tapi wajar ngga sih boros di bulan puasa itu? Atau itu memang pengeluaran wajar yang terjadi selama bulan puasa?

Yes, jika tidak dapat mengontrol diri, maka bulan puasa akan berbalik menjadi moment yang sangat menguras dompet dan THR yang sudah kamu nanti selama setahun penuh raib tak bersisa tanpa manfaat. Sayang banget kan?

Nah untuk itu, berikut beberapa tips yang dapat kamu manfaatkan agar bulan puasamu tak menjadi pengeluaran terbesar bagimu:

1. Jadi panitia bukber

Biasanya saat melakukan pemesanan makanan di restoran, selalu ada bonus atau tambahan makanan yang disamakan dengan menu yang telah dipilih. Apalagi jika peserta yang terdaftar ramai, tentu satu porsi makanan bukanlah sesuatu yang sangat memberatkan bagi sebuah restoran.

Bukan pelit dan ngga punya modal sih, tapi kamu bisa memanfaatkan langkah ini untuk menghemat pengeluaran kan? Bukankah jadwal buka puasa bersamamu sudah padat dan kamu berjanji untuk menghadiri kesemuanya?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline