Lihat ke Halaman Asli

Tips Makan Mie yang Sehat untuk Anak Kos

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Untuk anak kos mengkonsumsi mie instan, sudah menjadi hal yang biasa. Apalagi disaat uang jajan mulai menipis. Mie Instan menjadi pilihan, selain dikarenakan harganya yang murah dan rasanya juga yang enak. Siapa yang tidak suka dengan mie instan seperti Mie Sedaap Cup dari Wings Food atau Pop Mie dari Indofood? Saya rasa mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Dari kampung sampai ke kota. Pasti pernah mengkonsumsi mie instan, tapi seperti kita dengar ada beberapa hal tentang seringnya bahaya mengkonsumsi mie instan, berikut ada beberapa tips mudah yang bisa Anda ikuti.

1.Beri jangka waktu dalam mengkonsumsi mie instan

Jika Anda sering dalam mengkonsumsi mie instan, ada baiknya jangan mengkonsumsinya setiap hari. Setelah mengkonsumsi mie instan, setidaknya berilah jarak waktu 2-3 hari bila Anda ingin mengkonsumsinya lagi.
Hal ini dimaksudkan untuk memberi waktu untuk tubuh Anda agar dapat mencerna lilin yang sampai benar-benar habis sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh.


2. Tiriskan dan bilas mie instan

Saat Anda memasak mie instan, tentu terlebih dahulu Anda merebus mie tersebut terlebih dahulu dengan air mendidih. Setelah mie instan yang anda rebus tersebut telah matang jangan langsung mengkonsumsinya. Ada baiknya anda tiriskan terlebih dahulu mie instan yang telah matang.

Untuk mie instan goreng, setelah mie masak, tiriskan terlebih dahulu dan bilas mie instan yang telah masak tadi dengan air bersih yang tentunya sudah matang.

Untuk mie instan berkuah, setelah mie masak, jangan langsung diberikan bumbu mie instan. ada baiknya tiriskan terlebih dahulu mie tersebut, lalu buanglah air sisa perebusan mie tersebut. Untuk kuah, Anda bisa memakai air panas yang baru.

3. Jangan mencampur bumbu ketika mie telah matang

Anda perlu mengetahui bahwa ketika anda memasak mie instan jangan langsung mencampurkan bumbu yang terdapat pada mie instan dalam kondisi anda sedang memasak.

Dikarenakan bumbu yang terdapat dalam mie instan juga terdapat kandungan berbahaya yang akan semakin aktif ketika dimasak dalam suhu yang tinggi. Untuk mengurangi bahayanya biasanya dalam mencampurkan bumbu tersebut dicampurkan ketika mie instan sudah diangkat dari kompor.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi bahaya dari bumbu mie instan. Namun kebanyakan orang tidak mengetahuinya. Padahal jika kita mau membaca pada label kemasan mie instan juga sudah dianjurkan untuk mencampurkan bumbu setelah diangkat dari kompor




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline