Lihat ke Halaman Asli

eep saepul

Guru_Ketua MGMP PAI SMP Kabupaten Purwakarta

Lembar Kerja Peserta Didik

Diperbarui: 19 Agustus 2023   22:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 

LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)

Tema: Penerapan Metode Tutor Sebaya dalam Membaca Al-Qur'an dengan Tajwid

Tujuan Pembelajaran:

  1. Memahami kaidah tajwid terkait hukum bacaan ra dan lam jallah.
  2. Mampu membaca Q.S. ar-Rum/30:41, Ibrahim/14:32, dan az-Zukhruf/43:13 dengan benar sesuai kaidah tajwid.
  3. Mengembangkan kebiasaan membaca Al-Qur'an secara teratur dan disiplin.

Pendahuluan:Metode tutor sebaya adalah pendekatan belajar di mana peserta didik belajar dari teman sebayanya. Dalam konteks ini, kita akan mempelajari cara membaca beberapa ayat Al-Qur'an dengan benar menggunakan kaidah tajwid, khususnya hukum bacaan ra dan lam jallah.

Aktivitas 1: Pengenalan Tajwid dan Hukum Bacaan Ra dan Lam Jallah

  1. Diskusikan bersama peserta didik tentang pentingnya membaca Al-Qur'an dengan benar menggunakan tajwid.
  2. Jelaskan konsep hukum bacaan ra dan lam jallah, yaitu bagaimana cara membaca huruf 'ra' dan 'lam' ketika diikuti oleh huruf 'jim' ().

Aktivitas 2: Membaca Q.S. ar-Rum/30:41 dengan BenarBacakan ayat berikut kepada peserta didik:

  1. Mintalah peserta didik untuk membaca ayat tersebut satu per satu dengan pengucapan yang benar sesuai kaidah tajwid.
  2. Berikan penjelasan lebih lanjut tentang cara mengaplikasikan hukum bacaan ra dan lam jallah pada ayat ini.
  3. Diskusikan bersama tentang makna ayat ini.

Aktivitas 3: Membaca Q.S. Ibrahim/14:32 dengan BenarBacakan ayat berikut kepada peserta didik:

  1. Mintalah peserta didik untuk membaca ayat ini dengan pengucapan yang benar sesuai kaidah tajwid, khususnya menerapkan hukum bacaan ra dan lam jallah.
  2. Diskusikan makna ayat ini dan bagaimana pesan Allah dalam ayat ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Aktivitas 4: Membaca Q.S. az-Zukhruf/43:13 dengan BenarBacakan ayat berikut kepada peserta didik:

  1. Mintalah peserta didik untuk membaca ayat ini dengan benar sesuai kaidah tajwid, khususnya menerapkan hukum bacaan ra dan lam jallah.
  2. Diskusikan bersama tentang konteks ayat ini dalam Al-Qur'an dan pesan yang ingin disampaikan.

Aktivitas 5: Kebiasaan Membaca Al-Qur'an dengan Disiplin10. Diskusikan bersama tentang pentingnya membaca Al-Qur'an secara teratur dan disiplin.

  1. Ajak peserta didik untuk menjadikan membaca Al-Qur'an sebagai kebiasaan sehari-hari.
  2. Berikan tips untuk membantu peserta didik menjaga kebiasaan membaca Al-Qur'an, seperti menentukan jadwal tetap dan mencatat perkembangan.

Penutup:Ringkaslah pembelajaran hari ini dengan merangkum materi yang telah dipelajari. Berikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya jika ada yang masih belum jelas. Ingatkan peserta didik untuk terus berlatih membaca Al-Qur'an dengan benar dan disiplin.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline