Lihat ke Halaman Asli

Tips Mudah Membangun Bisnis Online

Diperbarui: 20 Agustus 2015   18:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Memiliki penghasilan besar melalui bisnis sendiri tentunya merupakan idaman dari banyak orang. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk memiliki bisnis sendiri dengan penghasilan yang lumayan di masa sekarang ini. Ada begitu banyak produk dan jasa yang dapat anda jadikan sebagai model bisnis anda. Diatas itu semua, penyaluran atau sistem penjualan yang kini sedang berkembang pesat adalah melalui bisnis online. Bisnis online dapat memiliki banyak arti, akan tetapi bisnis online yang kini ada dapat diartikan sebagai sebuah usaha yang dipasarkan melalui online atau lewat internet.

Anda dapat memulai usaha online anda dengan melakukan beberapa tips di bawah ini. Tips ini adalah beberapa langkah mudah yang dapat anda ikuti agar anda dapat membangun bisnis online. Anda dapat memulai langkah anda dengan melakukan survey tentang produk yang kini tengah diminati masyarakat. Setelah itu anda dapat memulai dengan membuka lahan di area online seperti sosial media berupa instagram, facebook, ataupun melalui broadcast di bbm. Hal ini tidak memerlukan banyak biaya karena anda dapat melakukan ini menggunakan alat komunikasi yang anda miliki.

Jika anda memiliki banyak produk ataupun bisnis anda masuk ke skala menengah atau besar. Anda dapata memulai usaha online anda dengan membuat website. Website ini memiliki beberapa macam bentuk, salah satunya yang banyak digunakan adalah website berbentuk ecommerce maupun catalog online. Penjualan melalui media website ini sangat efektif dan juga hanya memerlukan modal yang tidak banyak. Begitu pun untuk toko-toko yang telah memiliki bisnis dengan offline, banyak yang kini mulai melirik area online bisnis.

Kemudian langkah terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan mempromosikan website anda melalui akun-akun di sosial media. Bangunlah komunikasi dan hubungan yang baik dengan para konsumen anda melalui sosial media. Karena di sosial media anda dapat menjalin komunikasi yang lebih baik dengan para pelanggan juga. Hal ini dapat anda lakukan dengan memaintain sosial media anda dengan banyak memberikan informasi tentang produk-produk anda, memberikan informasi tentang promo atau hanya sekedar bertanya tentang kabar dan berbagai cerita-cerita yang menarik dengan konsumen anda. Terjalinnya komunikasi dan hubungan yang baik akan membuat konsumen anda setia menggunakan produk anda. Aktif melakukan kegiatan di sosial media juga dapat membuat merk dagang anda menjadi semakin terkenal.

allaboutdigital

allaboutonline

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline