Lihat ke Halaman Asli

Edy Siswanto

Doktor Bidang Manajemen Kependidikan dan Ketua Umum Perkumpulan Pendidik Vokasi Indonesia-Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju (PPVI-IGVIM)

Upaya Serius Sekolah Perangi Covid-19

Diperbarui: 19 April 2020   10:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Edy Siswanto

Pandemi global terus menyebar dan meningkat. Ajakan stay at home, work at home, dan selalu mengedepankan social and physical distancing terus digaungkan.

Berbagai upaya meredam penyebaran virus juga terus dilakukan. Salah satunya dengan upaya penyemprotan disinfektan di sejumlah lokasi atau tempat-tempat orang berkumpul.

Upaya meredam penyebaran Covid-19 merupakan tanggungjawab semua elemen masyarakat, bukan hanya pemerintah. Tak ayal sekolah menjadi perhatian utama sebagai tempat yang rentan penyebaran virus mematikan ini.

Beberapa daerah sudah dinyatakan masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19. Ini harus disikapi serius. Bukan main-main. Jangan sepelekan, ini darurat, perlu kesadaran tinggi dari warga,"

Jika dilihat masih banyak orang berkerumun, bergerombol dan "keluyuran" diluar sana. Nampak tidak patuh terhadap himbauan pemerintah. Kita masih ingat bagaima ada pasien tidak terus terang saat periksa dirumah sakit. Akibatnya banyak petugas medis tertular Covid-19. Ini yang sangat merepotkan semua pihak.

Dengan masih adanya warga yang abai dan cuek terhadap himbauan pemerintah. Terlebih untuk keselamatan diri sendiri. Masih nekad mau menggelar acara seperti resepsi pernikahan atau acara kumpul.

"Tunda dulu lah, semua demi kemanusiaan. Ayo dong peduli sama lingkungan. Kapan mau selesai kalau kita masih "ngeyel" dan anggap enteng wabah ini.

Angka kasus positif Covid-19 yang dikonfirmasi di seluruh dunia sudah mencapai 2.243.512. Sedangkan angka kematian yang tercatat adalah 154.256 dengan 572.110 kesembuhan. (liputan 6.com, 18 April 2020).

Juru bicara penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengatakan hingga Sabtu, 18 April 2020, ada tambahan sebanyak 325 kasus positif Corona di Indonesia. Total kasus positif  Covid-19. Jumlah ada 535 meninggal akibat Covid-19, 6.248 positif Covid-19. Data ini tersebar di 34 provinsi. Selanjutnya terjadi penambahan 24 sehingga total orang yang dinyatakan sembuh dari Corona ada 631 jiwa . (www.liputan 6.com)

Menjadi pertanyaan, bagaimana kontribusi nyata SMK sebagai bagian dalam dunia pendidikan. Dalam ikut serius perang melawan pandemi Covid-19 yang semakin masif? Sudahkan ada edaran resmi dari dinas? Bagaimana teknis pengumpulannya, dan disampaikan kesiapa?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline