Lihat ke Halaman Asli

Perjalanan MPK Pada Grup Facebook

Diperbarui: 26 Juni 2015   04:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption id="attachment_116519" align="aligncenter" width="623" caption="Grup facebook MPK"][/caption]

Malam itu (hari Jumat tanggal 10 Juni 2011) cuaca sangat cerah sekali, di langit banyak bintang yang berhamburan walaupun sinar rembulan tampak tidak terlalu terang menyinari bintang-bintangnya. Namun dalam acara yang penuh dengan bintang-bintang fiksi di Kompasiana tetap akan berpesta di Malam Prosa Kolaborasi yang dimeriahkan oleh para artis yang sudah tidak asing lagi bagi para Kompasianer. Malam Prosa Kolaborasi di Kompasiana tersebut diawali oleh sambutan kecil dan penjelasan ulang Petunjuk Pelaksanaan MPK dari Penggarapnya :

“Semangat malam para bintang !”

“Kepada seluruh peserta MPK yang kami cintai. Sebentar lagi kita akan memulai pesta yang sudah ditunggu-tunggu yaitu Pesta Malam Prosa Kolaborasi di Kompasiana yang pada malam ini merupakan malam pertama dari dua malam yang telah kami rencanakan”.

“Event ini tergagas dari sebuah obrolan iseng antara Langit dengan Granito Ibrahim (Penggarap) beberapa minggu lalu. Tujuan dari acara ini tidak lain adalah untuk saling belajar menyatukan ide dalam menulis prosa dari dua orang atau lebih serta menambah teman yang sekaligus mempererat tali silaturahmi antara sesama sahabat di Kompasiana. Untuk itu maka tercetuslah sebuah ide untuk membuat event yang akhirnya diberi nama Malam Prosa Kolaborasi (MPK). Kemudian pada tanggal 23 Mei 2011 yang lalu terbentuklah sebuah group facebook guna memfasilitasi teman-teman yang ingin berpartisipasi dalam event tersebut dan satu demi satu peserta kolaborasi mendaftarkan diri, hingga pada hari ini terkumpulah 230 peserta kolaborasi”.

“MPK dibagi menjadi dua sesi yaitu :

"Sesi pertama : Hari Jumat tanggal 10 Juni 2011, mulai pukul 20.00 WIB hingga hari Sabtu pukul 08.00 WIB (Untuk nomor urut 1 s/d 120 wajib posting ditanggal tersebut)".

"Sesi kedua : Hari Sabtu tanggal 11 Juni 2011, mulai pukul 20.00 WIB hingga hari Minggu pukul 08.00 WIB (Untuk nomor urut 121 s/d terakhir wajib posting ditanggal tersebut)”.

“Selanjutnya kami ingatkan lagi kepada seluruh peserta agar segera menyetorkan link setelah memposting tulisan prosanya di : Perhelatan Malam Prosa Kolaborasi di Kompasiana". "Selamat Berpesta Malam Prosa Kolaborasi !"

Dalam kesempatan ini saya mencoba mempersembahkan secara khusus buat MPK yaitu sebuah karya sajak : Prosa Kolaborasi Dalam Puisi yang juga disajikan bagi para peserta MPK yang terlihat mulai stress alias demam panggung beberapa jam sebelum MPK dimulai. Sajak ini dibuat sebagai pemanasan sekaligus untuk menunggu tanda dimulainya pesta MPK. Terlihat dari komentar postingan sajak tersebut, ternyata cukup efektif telah memberikan kesejukan bagi para peserta MPK. Mereka telah menikmati dan melumat dengan rilek membaca puisi ‘ML’ tersebut.

Ketika waktu telah menunjukan persis tepat pukul 20.00 wib, MPK 2011 di Kompasiana dimulai, manstaf ! Namun sebelum waktu dimulainya MPK tersebut ternyata ada beberapa postingan yang sudah masuk terlebih dahulu, sepertinya mereka sudah tidak tahan ingin ejekulasi prosa ! Kami semua menikmati proses pembrondongan naskah prosa tersebut. Dan pada saat itu sudah tidak terlihat lagi peserta yang demam panggung yang sebelumnya pernah merasakan stress. Yang ada justru mereka saling berebut masuk ke dalam rubrik fiksi prosa di Kompasiana.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline