Lihat ke Halaman Asli

Berita Harga Minyak di "Kompas" Tiap Hari Tidak Benar

Diperbarui: 26 Juni 2015   01:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Harian Kompas cetak, di bagian halaman ekonominya mencantumkan harga minyak setiap hari berupa grafik di bagian depan lembaran ekonomi. Hari-hari ini harga minyak disebutkan di situ berkisar US$ 88-an per barrel. Tidak disebutkan di situ, angka itu harga minyak untuk kualitas yang bagaimana, atau minyak produksi negara/daerah mana.

Saat ini harga minyak mentah Indonesia atau ICP masih berkisar di angka US$ 110-an. Demikian juga minyak Brent. Sedangkan harga minyak Amerika atau WTI memang US$ 88-an.

Mestinya Kompas lebih transparan menyebutkan harga minyak yang diberitakannya mengacu ke minyak apa. Kalau mengacu ke WTI, apa basisnya atau apa alasannya. Apakah masyarakat kita memakai minyak dengan kualitas WTI?

Ataukah harga itu mengacu ke bursa di Singapura? Tidak juga, karena harga minyak Indonesia di MOPS atau Mid Oil Platts of Singapore mengacu ke ICP.

Menurut saya, lebih realistis kalau harga yang dipakai adalah produksi Indonesia sendiri, atau ICP. Dengan demikian lebih bisa dipakai untuk membuat kalkulasi bisnis orang Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline