Lihat ke Halaman Asli

Peristiwa Berjalannya Manusia di Bulan

Diperbarui: 20 Juli 2022   12:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Keingintahuan manusia terhadap alam semesta selalu berkembang setiap zaman. Dulu orang menganggap semua peristiwa alam berasal dari makhluk supranatural, namun seiring berjalannya waktu, orang mulai mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dan mengapa hal tersebut ada. Ilmu pengetahuan pun lahir dari keingintahuan yang besar itu. Dan tepatnya hari ini 20 juli 1969, suatu peristiwa terbesar dalam ilmu pengetahuan terjadi.

Peristiwa 20 Juli 1969 dikenal sebagai lompatan raksasa bagi umat manusia karena mampu mendarat di bulan. Neil Armstrong dan Edwin Buzz Aldrin adalah astronot Amerika Serikat yang berhasil sampai di bulan menggunakan Apollo 11 pada 20.17 UTC. Dan Armstrong menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan pada 21 Juli pukul 02.56 UTC, diikuti Buzz 19 menit kemudian yang menjadikan dia manusia kedua yang berjalan di permukaan bulan.

Keberhasilan Amerika Serikat mendaratkan manusia di bulan, berawal dari pernyataan Presiden Jhon F. Kennedy di Kongres Amerika Serikat, "Saya percaya bangsa ini harus berkomitmen untuk mencapai tujuan, sebelum dekade ini berakhir, mendaratkan manusia di bulan dan mengembalikannya dengan selamat ke bumi."  Seruan inilah yang menjadikan AS bertekad untuk mampu mengirim manusia ke bulan.

Dengan  peristiwa manusia mendarat bulan, membuka jalan untuk Ilmu Pengetahuan lebih berkembang. Manusia akhirnya mampu menjawab semua mitos yang selama ini ada di pikiran tentang ilmu pengetahuan alam semesta. Dulu banyak sekali pertanyaan tentang bagaimana rupa planet di luar angkasa dan fenomena alam namun sekarang, berkat perkembangan ilmu pengetahuan, manusia mampu mengetahui dan mempelajari semua itu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline