Edward Chang -- Dunia bisnis kerap menjadi sorotan untuk masyarakat baik tua maupun yang muda. Pasalnya, dalam dunia bisnis tidak diharuskan untuk menjadi tua terlebih dahulu, bahkan tidak sedikit diantara para pemuda yang telah sukses dan berhasil dalam berbisnis. Penguasaha sukses yang berhasil mendirikan banyak perusahaan Edward Chang juga mengatakan, siapapun Anda, dimanapun dan berapapun, pasti dan masih memiliki peluang untuk sukses dalam berbisnis.
Namun demikian, ada beberapa langkah, strategi serta pengalaman yang harus Anda kuasai dalam berbsinis. Oleh Karena itu, pada artikel kali ini, Edward Chang sebagai pengusaha sukses akan mengangkat pembahasan tentang betapa pentingnya promosi serta ketenaran agar kelak bisnis Anda berhasil bahkan Go International.
Setiap pengusaha tentu ingin produknya menjadi bahan pembicaraan dan dipuji banyak orang. Namun, bagaimana bisa terkenal bila tidak ada yang mengenal produknya? Trik yang selalu digunakan oleh para marketer adalah dengan teknik promosi. Bukan sembarang promosi namun tepat sasaran.
Pilihlah orang-orang yang berpengaruh pada kelompoknya untuk mengenal produk Anda. Pendiri perusahaan PT Quality Power dan PT Quality Technic sangat menyarankan kepada Anda untuk memberikan sample gratis kepada target pasar Anda atau ajak mencoba produk secara langsung. Apabila ia menyukainya dengan mudah produk Anda akan dikenal lebih luas.
Namun demikian, Anda juga bisa menggunakan dunia maya, mengingat pengguna internet yang semakin tahun semakin meningkat. Saat ini media paling efektif untuk pemasaran adalah, Facebook dan Instagram. Selain banyak digunakan, kedua sosial media ini juga menjangkau semua kalangan. Dari yang tua sampai yang muda serta dari kalangan menengah ke atas hingga menengah ke bawah.
Kemudian Anda juga harus mendongkrak ketenaran. Untuk cara yang satu ini sebenarnya cukup mudah agar produk Anda segera dilirik oleh konsumen, yakni membuat produk Anda digunakan oleh selebriti atau public figure saat event sosial. Cara ini bisa menjadi pilihan Anda karena biasanya apa yang dikenakan oleh public figure akan segera menjadi perhatian orang banyak. Disinilah kesempatan Anda untuk memperkenalkan brand sekaligus membentuk brand image. Cara ini bahkan lebih efektif dari sekedar menaruh produk di toko.
Dan yang terakhir adalah, jangan lupa untuk terus mengevaluasi ulang hasil promosi dan branding yang sudah Anda lakukan secara berkala. Perhatikan cara yang sudah dilakukan dan lihat hasilnya, apakah sesuai target atau belum. Agar brand yang Anda bangun dapat terus bergerak serta semakin dikenal banyak orang.
Demikian ulasan yang dapat Edward Chang sampaikan pada artikel kali ini, semoga pembaca bisa mengambil pelajaran serta dapat menginspirasi pembaca juga dalam melakukan bisnis.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H