Lihat ke Halaman Asli

Jangan Ada Penyesalan

Diperbarui: 26 Juni 2015   10:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Adakah sesuatu yang TIDAK akan kita sesali di akhir hayat kita kelak? Mungkin rasa sesal adalah sesuatu yang paling kita takuti; bahwa kelak kita akan merenung dalam mengenang kembali seluruh kisah hidup yang pernah kita jalani, lalu menyesal dan berharap seandainya kita bisa mengubah semua itu.

Sesungguhnya kematian bukanlah hal yang paling kita takuti.

Jika kita sudah menjalani hidup dengan sepenuh hati dan melaksanakan semua hal yang kita inginkan, kita dapat menerima kematian dengan penuh ketulusan. Hal yang paling kita takutkan adalah karunia hidup yang kita sia-siakan dan pada lembar terakhir riwayat kita akan tertulis kata-kata penuh sesal: "Seandainya....."

Jadi, kalau kita ingin menemukan kebahagiaan dan arah hidup yang sejati, kita harus yakin bahwa tidak ada penyesalan. Agar kelak kita meninggalkan dunia ini tanpa dibebani penyesalan yang dalam, kita harus menjalani hidup dengan berani, gigih mengejar apa yang kita cita-citakan dan jangan menjauh dari apa yang kita takuti. Agar tak ada penyesalan di kemudian hari, kita harus mampu mengatasi berbagai berbagai kekecewaan yang niscaya akan muncul di dalam kehidupan kita.

Semoga bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline