Lihat ke Halaman Asli

Kegagalan-kegagalan Dalam Bisnis dan Apa Solusinya?

Diperbarui: 1 Agustus 2016   14:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Anda pasti pernah mengalami kegagalan? Lantas anda tidak tahu cara mengatasi masalah yang anda hadapi? Ujung-ujungnya anda mengalami jalan buntu?.  Yang menjadi masalah utama adalah anda tidak tahu mengapa anda gagal?, sebelum anda mencari tahu jawaban solusi atas permasalahan anda. Banyak hal untuk mengetahui penyebab-penyebab kegalan seperti  mengikuti majelis-majelis ta’lim, bertanya kepada yang lebih berilmu, membaca buku, Berdoa, membaca kitab suci dll. Lantas bagaimana dengan bisnis anda?. Ada beberapa hal yang anda mesti tahu tentang kegagalan mendasar dalam berbisnis.

Pertama, Tidak segera Action

Jika anda adalah pebisnis pemula, anda pasti akan menyiapkan banyak materi atau pengetahuan tentang bisnis. Setelah akan Action kebanyakan dari anda menunda-nunda dengan alasan yang teknis. Apa sebabnya anda bisa mengalami hal seperti ini? Bisa jadi anda mendesain bisnis terlalu besar yang tidak sesuai dengan kemampuan anda, bisa jadi anda bingung harus mulai darimana, terlalu banyak teori buku yang membuat anda menjadi semakin bingung sehingga tidak tahu langkah praktisnya.

Kedua, Tidak memiliki aturan baku dalam memulai usaha

Kebanyakan dari anda dalam memulai bisnis tidak memiliki aturan baku dalam membuat usaha, ujung-ujungnya anda bekerja menjadi tidak efektif belum lagi keuangan yang tidak jelas. Ujung-ujungnya ketika usaha sudah berjalan, anda recruit karyawan anda bingung mau diapakan pegawai anda. Apalagi usaha yang dibangun dengan teman anda, bisa jadi anda dan teman anda bertengkar dan akhirnya menjalankan bisnis sendiri-sendiri atau bahkan bubar

Ketiga, Anda tidak memiliki rencana jangka panjang

Dalam bisnis perlu adanya rencana jangka panjang, kebanyakan dari pebisnis mereka hanya memikirkan rencana jangka pendek saja, inilah penyebab mengapa bisnis anda tidak berkembang dan berkutat pada bisnis yang anda kerjakan sendiri.

Keempat, Susah nyari karyawan

Bisnis sudah mulai berkembang, anda ingin mencari karyawan. Kebanyakan dari anda bingung mencari karyawan yang cocok, trus tidak tahu bagaimana kriteria yang pas untuk posisi yang sedang anda cari. Yang kebanyakan anda lakukan mencari karyawan yang sesuai dengan anda bukan sesuai dengan posisi kerja yang anda butuhkan

Kelima, Usaha tidak sesuai syariah

Bisnis yang tidak sesuai syariah biasanya tidak langgeng. Banyak pengusaha yang tadinya hebat tiba-tiba jatuh karena berhutang secara riba. Apakah anda bagian dari mereka?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline