Lihat ke Halaman Asli

Eduardus Fromotius Lebe

TERVERIFIKASI

Penulis dan Konsultan Skripsi

"Menanti Runtuhnya Sekolah Swasta di Bumi Flores"

Diperbarui: 21 September 2021   10:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sekolah (sumber: www.brillio.net)

Oleh. Eduardus Fromotius Lebe

(Penulis, Dosen & Konsultan Skripsi)

Sepintas judul tulisan yang diangkat kali ini sangat subyektif serta terkesan konfrontatif. Dalam tinjauan pembaca mungkin judul ini terkesan berlebihan dan mengada-ngada. Sebab melihat realitas yang ada, kualitas sekolah-sekolah swasta di daratan flores masih jauh di atas sekolah-sekolah negeri. Penulis sepakat bahwa hal terebut bukan hanya asumsi pembaca tanpa data. Namun banyak data menunjukan bahwa sekolah swasta mendapat apresiasi tinggi terutama sekolah swasta di bawah naungan Gereja. Bagi pembaca, realitas dan fakta-fakta tersebut menjadi pijakan argumentasi untuk mengcounter judul tulisan ini.

Sebagai penulis, saya sama sekali tidak membantah persepsi pembaca terhadap realitas saat ini. Di balik tingginya apresiasi publik terhadap sekolah swasta, ada catatan yang mecengangkan yaitu ada trend penurunan jumlah sekolah swasta akibat penutupan sekolah di berbagai pelosok. Selain itu, terjadi penuruan kualitas sekolah swasta di tengah pembenahan sekolah negeri yang semakin masif.

Fenomena ini sebagai gambaran awal untuk membenarkan sebagian tesis yang dibangun oleh penulis. Perlu diakui bahwa dalam jangka panjang eksistensi sekolah swasta di Dataran Flores mendapat tantangan yang luar biasa. Untuk konteks sekarang, sekolah swasta di Flores masih mendapat tempat di hati masyarakat bila di bandingkan dengan di Jawa.  Setidaknya ada beberapa alasan untuk mendeskripsikan kekuatan sekolah swasta pada konteks sekarang.

Kekuatan Sekolah Swasta di Flores pada Konteks Sekarang.

Kekuatan sekolah swasta di Flores pada konteks sekarang ini di pengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal. Beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi kekuatan sekolah swasta antara lain kepercayaan masyarakat yang tinggi. Selain itu,   faktor internal meliputi tata kelolah sekolah, kekuatan finansial (biaya operasional), dan kualitas pengajar serta output sekolah. Berikut ini deskripsi singkat kekuatan sekolah swasta tersebut.

Pertama, sekolah swasta mendapat kepercayaan masyarakat. Secara umum masyarakat Flores menggantungkan pilihan untuk menyekolahkan anak-anak mereka pada figur yang mereka percayai. Sebagai contoh orang tua mendaftarkan anak ke sekolah swasta karena kepala sekolahnya seorang Romo (Pastor), Suster atau seorang tokoh yang memiliki kedekatan emosional. Kepercayaan masyarakat ini di dukung dengan keyakinan bahwa figur-figur tertentu secara historis telah menghasilkan output yang sukses bekerja di berbagai jabatan tertentu. Hal ini di dukung oleh keberadaan tokoh-tokoh yang mengisi jabatan seperti dokter, polisi, kepala dinas dan politisi merupakan alumnus dari sekolah-sekolah swasta yang ada di flores.

Kedua, eksistensi Sekolah Negeri yang kurang kompetitif. Keberadaan Sekolah Negeri di Daratan Flores belum menunjukan performa terbaik. Jika dibandingkan dengan Sekolah Negeri di Daratan Jawa yang jauh lebih kompetitif, keberadaan Sekolah Negeri di Flores seperti hanya ingin  memenuhi kuota sekolah di suatu wilayah. Hal ini bisa dibuktikan dengan operasional sekolah yang ala kadarnya serta fasilitas Sekolah Negeri yang masih jauh dari harapan.

Uraian di atas tidak sedang mendeskreditkan sekolah negeri, penulis berusaha mengungkapkan pendapat yang berbeda tentang tata kelolah Sekolah Negeri di bumi Flores. 

Hal lain yang menjadi temuan penulis adalah masih banyak sekolah negeri di Daratan Flores yang berakreditasi C. Hal ini menunjukan bahwa ada kesenjangan tata kelolah di sekolah negeri bila di bandingkan dengan sekolah swasta. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline