Lihat ke Halaman Asli

EDROL

Petualang Kehidupan Yang Suka Menulis dan Motret

Darurat Politik Pra Pemilihan Umum 2014

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kalau boleh beranggapan mengamati intensitas pertempuran celoteh politik dan hukum khususnya ranah tindak pidana korupsi, semua pejabat atau petinggi partai politik lebih cenderung sibuk mengelola publisitas atau opini publik dan pencitraan partai atau personil partai.

Menjelang pemilu 2014 ini, partai politik sibuk mengkampanyekan kekuatan publikasi partai dan calon penguasa. Rekam jejak boleh dikatakan jarang dipublikasikan layaknya iklan produk air dalam kemasan yang terkenal, yang menjelaskan proses pemurniannya secara saintifik dan detail.  Itulah mungkin mengapa kasus tindak pidana korupsi yang melibatkan pengurus partai cenderung agak diredamkan atau dikacaukan dengan kasus yang tak relevan di media massa guna mengaburkan fokus permasalahan.

Saya pikir zaman sudah sangat berkembang, iklan kampanye kesejahteraan rakyat yang ramai dikumandangkan di media elektronik dan media cetak sudah basi. Hal yang sama sudah dilakukan berulang-ulang kali di pemilu sebelumnya, tentunya hasilnya akan sama. Seperti ungkapan ilmuwan besar, hanya orang gila yang mengharapkan hasil yang berbeda namun tindakannya masih sama.

Partai politik sudah masuk ke dalam area darurat dimana komunikasi politik yang dahulu sudah usang. Komunikasi yang baik dengan masyarakat adalah lebih banyak promosi tindakan mengangkat kesejahteraan rakyat daripada promosi omong kosong di seminar publik atau forum diskusi televisi.

Ditengah mengalir derasnya impor barang komoditas dan mega proyek infrastruktur tahun 2014 ini dan belum memadainya sistem kontrol anggaran dan penyelenggaraan birokrasi maka kemungkinan kebocoran anggaran sudah hampir dipastikan terjadi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa proyek tersebut adalah ladang uang bagi mesin politik pengurus partai.

Kiranya para pimpinan partai politik dapat segera mendapatkan pencerahan untuk membangun kemajuan bangsa semata bukan lagi memakmurkan kekayaan pengurus partai atau penguasa.

Salam Hangat,

Edrol




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline