Lihat ke Halaman Asli

KKN UAD Lakukan Sosialisasi Kartu Tani

Diperbarui: 22 Februari 2023   19:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

KULONPROGO (20/2/2023)- Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta melalui Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Periode 101 dari unit XIX.A.2 pada tanggal 15 Februari 2023 mengadakan sosialisasi manajemen adminstrasi kartu tani kepada masyarakat di Pedukuhan Kaliduren, Kebonharjo, Samigaluh.

Dusun Kaliduren secara garis besar terdiri dari wilayah pertanian, dimana 90% penduduknya berprofesi sebagai petani. Sehingga sumber mata uang utama masyarakat berasal dari mata pencarian tersebut. Berdasarkan survei yang dilakukan KKN UAD unit XIX.A.2 di Dusun Kaliduren, masih banyak petani yang belum mengetahui administrasi ataupun syarat pembuatan kartu tani dan beberapa kartu tani milik masyarakat tidak dapat digunakan (terblokir). Hal tersebut mengakibatkan para petani sulit mendapatkan subsidi pupuk dari pemerintah.

Berdasarkan permasalahan tersebut, mahasiswa KKN UAD menjalankan program kerja sosialisasi mengenai manajemen adminstrasi kartu tani kepada masyarakat pedukuhan Kaliduren. Hal tersebut disambut baik dan antusias oleh masyarakat, karena sosialisasi administrasi kartu tani sangat diperlukan terutama mengenai manfaat kartu tani, syarat pembuatan kartu tani, cara membuat kartu tani dan cara mengurus kartu tani yang terblokir. Secara keseluruhan, Masyarakat memahami apa yang telah disampaikan dalam sosialisasi.

Mahasiswa KKN UAD unit XIX.A.2 berharap dengan adanya program kegaiatan sosialisasi mengenai manajemen administrasi kartu tani dapat bermanfaat dan membantu masyarakat pedukuhan Kaliduren.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline