Lihat ke Halaman Asli

Awas Penipuan : Indra Gunawan Berulah (Lagi)

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

20.20 WIB, 2 Mei 2014

Telepon masuk dari nomor +6282183433273 mengatasnamakan Indra Gunawan, Karyawan Telkomsel Jakarta Selatan. Saya menanggapinya seperti menerima telpon dari operator seperti biasanya. Dengan tata bahasa yang tidak terlalu profesional Indra Gunawan memberitahukan bahwa saya adalah satu dari tujuh pemenang undian yang dilakukan oleh Telkomsel petang ini. Saya berhak mendapat hadiah uang tunai RP. 15.000.000,- dan pulsa senilai Rp. 1.000.000,- tanpa biaya dan potongan pajak.

Dengan senyum sinis saya menyambut kabar baik ini. Berkali-kali Indra Gunawan menggunakan kata "Alhamdulillah" untuk meyakinkan saya benar-benar menerima hadiah tersebut.

Saya mulai mencari tahu modus apa yang akan dilakukan. Indra Gunawan mulai menanyakan akun rekening saya. Dan saya menginformasikan akun saya berada di bank BCA. Indra Gunawan meminta saya menyebutkan nomor rekening tersebut. Saya sedikit khawatir saldo di rekening saya mungkin akan "disedot" olehnya. Maka saya matikan telpon tersebut.

Ternyata Indra Gunawan tak pantang menyerah, ia menghubungi saya lagi dan menanyakan "mengapa anda memutuskan telpon?". Saya jawab "mungkin sinyalnya hilang". Indra Gunawan tak menghiraukannya, ia kembali menanyakan akun rekening saya. Tak ingin kecolongan saya mengganti rekening bank BCA menjadi BNI. Toh di BNI saldo saya hanya bersisa Rp. 4.600,- (hua..ha..ha..ha..).

Sedikit membentak, Indra Gunawan mempertanyakan mengapa saya mengganti rekening. Sayapun mengacuhkannya.

Perang berlanjut. Usai menyebutkan nomor rekening, Indra Gunawan mengarahkan saya untuk segera menuju ATM terdekat untuk melihat sendiri penambahan saldo dari hadiah undian tersebut. Indra Gunawan meminta saya tidak memutuskan telpon dan membawanya ke ATM.

Di sinilah kesempatan saya untuk melacaknya. Saya mengaktifkan mode "mute" di handphone saya agar ia tak mendengarkan aktivitas saya. Saya coba lacak nomor handphonenya, namun tidak saya temukan bahkan kode areanya juga gagal saya cari tahu.

Lalu saya coba cari tahu melalui namanya. Google memberikan rekomendasi kata kunci "Indra Gunawan Penipu". Disinilah terkumpul semua informasi penipuan ini. Berbagai situs menjelaskan berbagai modus penipuan yang dilakukan oleh Indra Gunawan. Hampir semuanya menjelaskan tentang penipuan melalui handphone.

Hubungan telpon terputus, dan Indra Gunawan mencoba menghubungi kembali namun tidak saya hiraukan. Usaha Indra Gunawan berakhir dan saya belum mendapatkan modus yang digunakannya.

http://supr4yitno.blogspot.com menjelaskan bahwa ia juga pernah dihubungi oleh Indra Gunawan ini. di blog ini dijelaskan bahwa pelaku meminta korbannya untuk mendaftarkan SMS Banking dengan menggunakan nomor handphone pelaku. Maka melalui SMS Banking inilah pelaku dapat menguras rekening dari korbannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline