Lihat ke Halaman Asli

Jatimotoblog Pun Sokong Safety Riding

Diperbarui: 25 Juni 2015   21:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

LAGI, berdiri komunitas blogger otomotif. Kali ini, para anak-anak muda penyuka menulis otomotif di dunia maya berhimpun dalam Jatimotoblog. Komunitas blogger otomotif yang berbasis di Jawa Timur (Jatim). Jika tak ada halangan, hari ini, Sabtu (24/23/2011) Jatimotoblog dideklarasikan. “Salam hangat. Eyang Edo minta doa restu atas berdirinya jatimotoblog (komunitas blogger & komentator jatim) yg akan dideklarasikan pada tgl 24-25 desember di Songgoriti Batu. Terima kasih. (ekodeby/cafebiker) perwakilan jatimotoblog,” ujar bro Eko ‘Cafebiker’ Deby, dalam pesan singkatnya, Rabu (21/12/2011) sore.

Bro Eko merupakan salah satu dari lima blogger Jatimotoblog yang bertemu saya saat menghadiri Honda Bikers Day (HBD) 2011 di Bromo, Jatim pada 17-18 Desember 2011. kami sempat berdiskusi santai tapi serius soal esensi sebagai blogger. Saya lontarkan soal pentingnya peran blogger sebagai kontrol sosial dan memberi edukasi keselamatan jalan, selain melulu menulis soal sepeda motor anyar.

Selain bro Eko, saat itu ada ‘sang ketua’ bro Heru lias ridertua. Lalu ada bro Teguh (hakimrodamas), bro Wiro (nyobamoto), dan bro Yaya. “Tujuan pembentukan Jatimotoblog biar lebih mudah mengkoordinasikan blogger-blogger Jatim,” jelas bro Teguh, dalam pesan singkat juga. Apalagi, katanya, saat ini banyak bermunculan blogger di Jatim. Menurut bro Heru, fokus Jatimotoblog mencakup seputar dunia motor, safety riding, fotografi, dan wisata Jatim.

“Kami ada agenda Go-Blog di sekolah-sekolah. Nah (disitu) bisa juga dimakukan soal safety riding,” papar bro Heru. Rasanya sangat masuk akal jika para blogger di Jatimotoblog mengagendakan persoalan keselamatan jalan, termasuk soal keselamatan jalan pemotor yang popular disebut safety riding. Kita tahu, wilayah Jatim adalah area dengan populasi sepeda motor terbesar di Indonesia. Lebih dari delapan juta sepeda motor tersebar di Jatim. Nah, soal kecelakaan (lihat tabel di atas) di Jatim merupakan yang tertinggi. Tahun 2010, lebih dari 4.500 jiwa tewas sia-sia akibat kecelakaan lalu lintas jalan. Mayoritas masih menimpa para pesepeda motor. Jadi, amat logiskan jika Jatimotoblog menyokong soal safety riding? Dan, suah amat pas dengan makna logo Jatimotoblog yang berwarna biru seperti tertuang dalam agregator mereka, yang diantaranya bermakna untuk berbagi, idealisme, persahabatan, dan harmoni. Oh ya, bro Heru memaparkan, untuk wisata Jatim, pihaknya berencana menggandeng kepala daerah Jatim yang lagi gencar-gencarnya berpromosi tentang wisata Jatim. ”Sambil turing, kami mengenalkan agrowisata Jatim,” katanya. Di sisi lain, lazimnya komunitas dunia maya, Jatimotoblog pun memiliki agregator yang beranggotakan 31 blog. Ini dia alamatnya http://jatimotoblog.wordpress.com. (edo rusyanto)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline