Lihat ke Halaman Asli

Edi Purwanto

Laskar Manggar

Semarakkan Ramadan, Masjid Attaqwa Beltim Adakan Tadarus Keliling

Diperbarui: 27 Maret 2023   16:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber dokumen pribadi

Kepala Pajak Manggar, blusukan ikut Tadarus Quran Keliling. 

Dalam rangka memakmurkan kegiatan selama Ramadan 1444 H, pengurus masjid At Taqwa, Dusun Gajah Mada, Belitung Timur mengadakan kegiatan tadarus keliling dari rumah ke rumah warga, satu hari satu rumah, pada malam hari setelah shalat Tarawih, mulai Rabu (22/3/23). Pesertanya adalahpengurus dan jamaah masjid. Salah satunya adalah Kepala Pajak Manggar, Edi Purwanto. 


Sumber: Dokumen pribadi

Menurut Ketua Masjid At Taqwa, Ustadz Muaz, kegiatan tadarus tahun ini ada dua tempat, yakni di masjid dan di rumah warga sesuai jadwal. Keduanya jalan bersamaan. Khusus jamaah yang ikut tadarus di masjid, setelah selesai, akan gabung dengan jamaah yang tadarus di rumah warga.Muaz menegaskan, tujuan tadarus keliling adalah dalam rangka meningkatkan hubungan kekeluargaan antar warga, silaturahim, belajar Quran, termasuk diskusi keagamaan lainnya.

Sumber: Dokumen Pribadi

Kegiatan tadarus keliling terinspirasi oleh kegiatan tadarus keliling yang diadakan oleh Jamaah Masjid Al Marjan, Permata Depok Regency, pada malam hari selama Ramadan. Kebetulan, salah satu warganya menjadi jamaah masjid At Taqwa, yakni Edi Purwanto, kepala pajak Manggar. 

Tuan rumah dihimbau untuk tidak menyediakan makanan mewah, cukup ala kadarnya, seperti minuman air mineral. Sehingga tidak memberatkan.

Sumber: Dokumen pribadi

Selama lima hari ini, tadarus keliling berjalan lancar, dan terbukti mampu mempererat hubungan kekeluargaan warga, dan menjadi sarana warga belajar Quran, juga kampanye sholat jamaah di masjid.

Sumber: Dokumen pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline