Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat mengidentifikasi berbagai sumber daya di daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatannya secara efektif.
Modul 3.2 memberi pembelajaran yang begitu besar kepada saya mengenai pengelolaan aset, selama ini saya selalu berfikir bahwa pengelolaan aset ini berbasis masalah dan berhubungan dengan financial saja. Melalui tahapan belajar di modul ini telah membuka mind set saya bahwa dalam pengelolaan sumber daya berbasis aset sebagai sumber kekuatan yang dimiliki diri sendiri dan sekolah.
Sekolah Sebagai Ekosistem
Dalam ekosistem sekolah, faktor-faktor biotik akan saling memengaruhi dan membutuhkan keterlibatan aktif satu sama lainnya. sekolah adalah sebuah bentuk interaksi antara faktor biotik (unsur yang hidup) dan abiotik (unsur yang tidak hidup). Kedua unsur ini saling berinteraksi satu sama lainnya sehingga mampu menciptakan hubungan yang selaras dan harmonis.
Identifikasi secara kolaboratif bersama warga sekolah lainnya tentang aset/kekuatan/sumber daya yang dimiliki Sekolah Dasar Inpres Trans Bomban yang beralamat di Trans Bomban Desa Mayayap Kec. Bualemo, Kabupaten Banggai
1. Modal Manusia
- Kepala Sekolah 1 Orang (Depinitif)
- Tenaga Kependidikan 1 Orang (Honorer)
- Tenaga Pendidik 3 orang Guru PNS, 1 orang Guru PKKK dan 1 Guru orang Honorer
- Jumlah Peserta didik dari kelas 1 sampai kelas 6 sebanyak 56 Peserta didik.
Pemanfaatnnya melaksanakan tugas sesuai tupoksinya masing-masing. Khusus guru karena kekurangan maka memanfaatkan apa yang ada dengan merangkap tugas seperti ada guru kelas yang melaksanakan Pembelajaran Kelas Rangkap, ada merangkap sebagai Bendahara dan Operator Dapodik Sekolah. Sedangkan untuk siswa menggali sesuai bakat dan minat kemampuan peserta didik.
2. Modal Sosial
Komunitas masyarakat yang myoritas warga transmigrasi suku Lombok mereka punya Perkumpulan Warga Sasak yang saling bekerja bersama dengan suatu tujuan yang sama dan saling berbagi untuk suatu tujuan yang sama yang terkadang melibatkan warga sekolah khususnya para peserta didik untuk mengisi kegiatan tersebut. Hal ini sangat berdampak positif karena betapa pentingnya kerukunan dalam kebhinikaan global.
3. Modal Fisik
SD Inpres Trans Bomban memiliki 2 gedung yaitu satu gedung terdiri dari empat ruangan yang dijadikan sebagai tiga ruang kelas dan satu ruang guru. Dan gedung satunya lagi memiliki tiga ruangan yang dijadikan sebagai ruang kelas semua.