Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Tematik Undip 2022 Membuat Perancangan Kawasan Pusat Kesenian dan Olahraga di Desa Punjulharjo

Diperbarui: 23 Desember 2022   17:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hasil Perancangan Lahan Kosong (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Punjulharjo, Rembang -- Mahasiswa Universitas Diponegoro  yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Desa Punjulharjo, Kabupaten Rembang membuat perancangan lahan kosong yang belum dimanfaatkan di Desa Punjulharjo.

Perancangan lahan ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi bagi pengembangan Desa Punjulharjo dengan mengoptimalkan penggunaan lahan yang menciptakan pendukung aktivitas baru sebagai salah satu sumber pendapatan bagi desa. Lahan yang dirancang merupakan lahan milik desa yang belum dimanfaatkan dikarenakan kondisi tanah yang merupakan bekas tambak. Lokasi lahan ini berada di sebelah TPS 3R Desa Punjulharjo atau di belakang SPBU Punjulharjo. Perancangan lahan ini dilakukan dengan tetap memperhatikan kondisi eksisting lahan yang cenderung sukar untuk dilakukan pembangunan.

Adapun proses perancangan dikerjakan menggunakan software SketchUp dengan hasil akhir berupa siteplan 2 dimensi dan tampilan perspektif bird-eye. Adapun kawasan yang dirancang merupakan kawasan pusat olahraga dan seni yang terdiri dari lapangan futsal, lapangan badminton, lapangan tenis meja, taman aktif, dan pendopo tari. 

Tujuan dari adanya program ini yang dituangkan dalam bentuk perancangan tiga dimensi adalah untuk memudahkan penyampaian informasi visual perancangan dan penempatan  secara spasial yang sesuai dengan bidang keilmuan Perencanaan Wilayah dan Kota. Hasil perancangan dikemas dalam booklet yang kemudian diserahkan pada Kepala Desa Punjulharjo pada tanggal 5 Desember 2022.

Penyerahan Booklet Perancangan kepada Kepala Desa Punjulharjo (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Perancangan di lahan kosong berupa pusat kesenian dan olahraga ini harapannya dapat memberikan multiplier effect yakni munculnya lapangan pekerjaan baru bagi penduduk Desa Punjulharjo dan menjadi nilai tambah bagi Desa Punjulharjo.

Penulis: Edelways Tiara Maharani - FT Perencanaan Wilayah dan Kota

Dosen Pembimbing : Dr. Fuad Muhammad, S.Si., M.Si

Lokasi : Desa Punjulharjo, Kec. Rembang, Kab. Rembang




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline