Lihat ke Halaman Asli

I Ketut Suweca

TERVERIFIKASI

Dosen - Pencinta Dunia Literasi

Optimalisasi Perekrutan Tenaga Kerja Potensial untuk Kesuksesan Perusahaan

Diperbarui: 9 Oktober 2024   07:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: Event bursa tenaga kerja (Sumber gambar: antaranews.com).

Perekrutan tenaga kerja merupakan salah satu pekerjaan dalam sebuah organisasi. Kegiatan ini menjadi bagian yang penting untuk mendapatkan calon tenaga kerja yang potensial.  

Untuk mendapatkan calon tenaga kerja, yang penting diperhatikan adalah pemahaman tentang sumber-sumber tenaga kerja.

Di mana sajakah sumber calon karyawan potensial yang bisa diharapkan melamar pekerjaan yang disediakan perusahaan? Mari kita bahas satu per satu sumber dimaksud.

Pertama, perguruan tinggi.

Perguruan tinggi bisa menjadi salah satu sumber tenaga kerja yang potensial. Mengapa? Karena, di situlah dihasilkan para sarjana yang sebagian besar ingin mendapatkan pekerjaan segera setelah menamatkan studi.

Kalau perusahaan perekrut ingin mendapatkan sumber tenaga kerja dari perguruan tinggi, maka dianjurkan memasang pengumuman di kampus tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan minta ijin kepada ketua atau rektor setempat untuk diperbolehkan memasang pengumuman di papan pengumuman kampus setempat.

Perguruan tinggi memang menjadi sumber potensial untuk mendapatkan tenaga kerja yang fresh graduate dan berkualitas. Persoalan kualitas ini tentu saja tergantung pada kualitas output perguruan tingginya.

Untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas biasanya perusahaan-perusahaan besar dan bonafid akan memasang pengumuman pada perguruan tinggi ternama dan kualitasnya diyakini bagus.

Kedua, bursa tenaga kerja

Selain dari perguruan tinggi, sumber tenaga kerja dapat diiperoleh melalui bursa tenaga kerja. Bursa semacam ini, pada umumnya dilakukan dengan membuka lapak secara berbarengan oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline