Lihat ke Halaman Asli

I Ketut Suweca

TERVERIFIKASI

Dosen - Pencinta Dunia Literasi

Turnover Karyawan, Apa Kaitannya dengan Budaya Perusahaan?

Diperbarui: 3 Oktober 2024   16:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Budaya Perusahaan | SHUTTERSTOCK


Apa yang dimaksud dengan turnover? 

Apa pula yang dimaksud dengan budaya organisasi atau budaya perusahaan (company culture)? 

Lalu, apa kaitan antara keduanya? Itulah tiga pertanyaan yang akan dibahas dalam artikel sederhana ini.

Memahami Budaya Perusahaan

Budaya perusahaan adalah nilai-nilai fundamental yang menjadi pegangan seluruh karyawan di perusahaan. Tidak hanya oleh staf terbawah, bahkan seluruh jajaran, mulai dari direktur, manajer, supervisor, hingga staf. Nilai-nilai itulah yang menjadi tali pengikat untuk mewujudkan tujuan perusahaan secara bersama-sama.

Pemahaman terhadap budaya perusahaan sangat penting bagi karyawan (Sumber gambar: hrpods.co.id).

Budaya perusahaan juga menjadi identitas yang membedakan satu perusahaan dengan perusahaan yang lain. Bagi karyawan, budaya perusahaan menjadi semacam member identity.

Dengan identitas ini, para karyawan akan merasa ikut memiliki perusahaan, merasa bertangggung jawab terhadap perusahaan, dan sebagai kebanggaan menjadi bagian dari perusahaan.

Beberapa nilai budaya perusahaan yang banyak dikenal antara lain integritas, kerjasama, pelayanan prima, inovasi, kepercayaan, keberlanjutan (sustainability), dan kualitas. 

Memahami Turnover Karyawan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline