Apa yang dimaksud dengan turnover?
Apa pula yang dimaksud dengan budaya organisasi atau budaya perusahaan (company culture)?
Lalu, apa kaitan antara keduanya? Itulah tiga pertanyaan yang akan dibahas dalam artikel sederhana ini.
Memahami Budaya Perusahaan
Budaya perusahaan adalah nilai-nilai fundamental yang menjadi pegangan seluruh karyawan di perusahaan. Tidak hanya oleh staf terbawah, bahkan seluruh jajaran, mulai dari direktur, manajer, supervisor, hingga staf. Nilai-nilai itulah yang menjadi tali pengikat untuk mewujudkan tujuan perusahaan secara bersama-sama.
Budaya perusahaan juga menjadi identitas yang membedakan satu perusahaan dengan perusahaan yang lain. Bagi karyawan, budaya perusahaan menjadi semacam member identity.
Dengan identitas ini, para karyawan akan merasa ikut memiliki perusahaan, merasa bertangggung jawab terhadap perusahaan, dan sebagai kebanggaan menjadi bagian dari perusahaan.
Beberapa nilai budaya perusahaan yang banyak dikenal antara lain integritas, kerjasama, pelayanan prima, inovasi, kepercayaan, keberlanjutan (sustainability), dan kualitas.
Memahami Turnover Karyawan