Dalam dua tahun terakhir ini, ada dua kelas mahasiswa yang saya dampingi untuk menulis di kompasiana, yaitu mahasiswa semester empat dan mahasiswa semester enam. Mari ikuti kisahnya lebih jauh.
Pertama adalah pendampingan terhadap mahasiswa semester empat untuk mata kuliah "Penulisan Artikel dan Tajuk Rencana" yang saya ampu di Prodi Komunikasi.
Gabungkan Teori dan Praktik Menulis
Pada mata kuliah ini, banyak materi yang dibahas yang berkenaan dengan tata cara penulisan artikel dan penggunaan bahasa dan ejaan, sekaligus juga pengenalan terhadap Tajuk Rencana yang terdapat di koran-koran cetak.
Di samping menyampaikan materi mengenai teknik penulisan artikel, saya juga menghendaki mahasiswa untuk mempraktikkannya.
Untuk ini, pertama-tama saya siapkan beberapa kata kunci untuk mereka kembangkan dan menjadi beberapa alinea yang keheren.
Saya berikan empat kata. Setiap kata saling terhubung satu sama lain. Dari empat kata itu, para mahasiswa bertugas mengembangkannya menjadi 4 alinea. Keempat alinea itu hendaknya saling terkait satu sama lain dan disusun secara sistematis sehingga menjadi sebuah artikel pendek.
Tidak lupa saya minta mereka mengedit atau menyunting berulang-ulang draf yang sudah dibuat agar lebih baik hasilnya. Setelah diedit berkali-kali barulah dikumpul pada pertemuan berikutnya.
Dengan berbekal teori yang sudah didapat di kelas, ternyata mereka cukup mampu menyusun 4 alinea sederhana secara logis dan sistematis. Mereka bisa menempatkan kata-kata itu sebagai kata kunci atau pokok pikiran yang menjadi acuan dalam pengembangan alinea.
Pada latihan berikutnya, saya membuatkan mereka sebuah tema untuk dikembangkan. Ya, saya masih ingat, tema yang saya berikan adalah tentang "Manfaat Kemampuan Menulis bagi Mahasiswa."