Lihat ke Halaman Asli

I Ketut Suweca

TERVERIFIKASI

Dosen - Pencinta Dunia Literasi

Ingin Meningkatkan Karier di Tempat Kerja? Ini 5 Tips-nya!

Diperbarui: 18 Desember 2022   16:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Meniti karier di tempat kerja (Sumber gambar: mibluesperspectives.com).

Para freshgraduate yang belum lama bekerja tentu ingin meningkatkan kariernya. Mereka tidak ingin perjalanan kariernya mentok di satu posisi. Bukan hanya pada mereka yang baru bekerja, yang sudah lama pun menginginkan kemajuan karier di tempat kerja.

Pada kenyataannya, ada orang yang kariernya mentok kendati sudah cukup lama bekerja.  Apa yang salah?

Berikut penulis sampaikan 5 faktor yang menjadi pondasi dalam rangka menggapai karier yang lebih baik. Mari kita mulai memaparkannya satu per satu berikut ini.

Pertama, disiplin dalam bekerja. Kedisiplinan adalah mata uang yang berlaku di mana saja, baik di kantor maupun di luar kantor. Tingkat kedisiplinan sangat berpengaruh terhadap kinerja seseorang.

Adakah seorang atasan atau pimpinan akan memberi reward bagi karyawan yang suka bermalas-malasan, indisipliner, dan tanpa prestasi?Tentu saja tidak ada, bukan?

Karena itulah, aspek kedisiplinan menjadi faktor penting dalam membangun karier. Semakin disiplin seseorang, semakin terbuka peluang untuk meningkatkan kariernya.

Kedua, memperluas  jaringan. Jaringan atau network sangat diperlukan dalam mendongkrak karier. Jaringan yang luas memungkinkan karyawan membangun relasi yang menguntungkan.

Orang-orang yang maju dalam kariernya bukanlah dia yang semata-mata mengandalkan diri sendiri, melainkan dibantu atau mendapat bantuan dari pihak lain. Apakah itu atasan, teman sejawat, atau lainnya.

Jaringan akan memperkaya pertemanan, juga memperluas peluang untuk mendapatkan dukungan dan kesempatan kerja. Jadi, perluaslah jaringan dan binalah jaringan yang sudah ada.

Ketiga, menjadi pendengar dan pembicara yang baik. Menjadi pendengar yang baik mutlak perlu bagi siapa pun yang ingin menjalin hubungan baik, baik di dalam maupun di luar kantor.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline