Lihat ke Halaman Asli

I Ketut Suweca

TERVERIFIKASI

Dosen - Pencinta Dunia Literasi

Jangan (Pernah) Abaikan Tiga "Investasi" Penting Ini!

Diperbarui: 28 Desember 2020   05:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pentingnya networking (dok.pribadi)

Setiap kali membicarakan perihal investasi, apa yang pertama-tama muncul dalam pikiran kita? Mungkin saham, reksadana, properti, emas, atau deposito? Seperti inilah yang terbayang begitu kita mendengar kata investasi.

Investasi selalu dikaitkan dengan penanaman modal atau sejumlah uang yang dikumpulkan dan dikelola sedemikian rupa agar tumbuh dan berkembang dan beranak-pinak menjadi besar dan akan dipetik pada waktunya nanti.

Hasilnya yang berlipat-lipat pada suatu saat kelak diharapkan akan membawa masa depan atau masa tua sang investor menjadi aman secara finansial.

Tiga Investasi Terpenting

Di luar itu, ada tiga investasi penting yang jauh lebih tinggi nilainya daripada sekadar keuntungan yang diukur dengan uang.  Apakah itu?

Namanya adalah modal sosial (social capital). Francis Fukuyama, adalah salah seorang pakar yang memperkenalkan istilah modal sosial ini.

Modal sosial dirinci menjadi tiga bagian utama, yaitu norms, trust, dan networkingTak hanya Fukuyama, teori modal sosial dikembangkan pula oleh para pakar lainnya. Ahli lain tentang modal sosial antara lain Bourdieu, Putman, Prusak, dan Cohen.

Lalu, apa kaitan modal sosial ini dengan investasi? Mari kita bahas lebih lanjut.

Ketiga modal sosial yang disebutkan oleh Fukuyama dkk. itu sejatinya merupakan "investasi" yang sangat berharga, jika tidak boleh disebut sebagai investasi paling berharga.

Norma adalah yang Pertama

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline