Lihat ke Halaman Asli

I Ketut Suweca

TERVERIFIKASI

Dosen - Pencinta Dunia Literasi

Inilah 6 Tips Sederhana Tapi Penting untuk Cegah Penularan Covid-19

Diperbarui: 9 April 2020   21:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: pinterest.com/The Shopolics

Sahabat kompasiana yang baik hati. Ijinkan kali ini saya hadir lagi untuk menyampaikan "sesuatu yang penting" kepada semua sahabat. Sesuatu yang penting, saya sebut demikian, karena pesan atau informasi ini sangat berguna di saat kita semua sedang dhadapkan pada ancaman virus covid-19.

Kita tidak bisa memastikan siapa yang terpapar virus covid-19, bukan?  Kalau orang yang sudah pasti terinfeksi dan berada dalam perawatan, tentu sudah menjadi pasien di rumah sakit. Sudah jelas statusnya, apakah PDP (pasien dalam pengawasan) atau bahkan sudah terkonfirmasi positif corona. 

Akan tetapi, bagaimana dengan yang di luar, apakah ada jaminan tidak membawa virus ini? Daripada gegabah dengan menggampangkan semuanya, akan lebih elok kalau kita memproteksi diri secara maksimal.

Intinya, Berpola Hidup Bersih dan Sehat

Pada intinya, pola hidup bersih dan sehat harus kita lakukan. Tanpa itu, bukan tidak mungkin virus itu bakal mendekati dan bahkan menyerang ketahanan tubuh kita. 

Yuk kita terapkan cara-cara menghindarkan diri dari kemungkinan terserang penyakit yang awalnya berasal dari Wuhan, Cina ini. Ini enam tips yang direkomendasikan.

Pertama, hindari kerumunan.  Dengan kata lain lakukan physical distancing. Kalau pun mesti bertemu, usahakan berjarak 1,5-2 meter dengan orang lain. Jumlah orangnya pun harus sangat dibatasi. Menjaga jarak adalah salah satu upaya yang penting. Untuk menghindari kerumunan, maka anjuran untuk tinggal di rumah seyogianya dipatuhi.

Kedua, cuci tangan pakai sabun. Di samping memakai handsanitizer, yang paling diromendasikan oleh WHO adalah selalu mencuci tangan dengan sabun di air mengalir. Sabun adalah salah satu bahan yang diyakini bisa membantu membersihkan tangan dari virus, disertai dengan kucuran air mengalir.

Ketiga, konsumsi makanan yang sehat. Dulu kita diajarkan oleh guru-guru kita di sekolah untuk makan makanan sehat dan bergizi  dengan konsep "empat sehat, lima sempurna." Konsep lawas ini sekarang benar-benar perlu diterapkan tatkala kita sedang berhadapan dengan  virus yang bagaikan hantu ini.

Keempat, rutin berolahraga. Banyak orang mewanti-wanti untuk selalu berolahraga setiap hari. Berolahraga selama minimal 45 menit saja sudah cukup. Kalau keringat kita sudah mengucur deras, sudah cukup baik bagi upaya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Kelima, gunakan masker ketika ke luar rumah. Tatkala kita, mau tak mau, harus berinteraksi dengan orang-orang seperti di pasar tradisional, jangan pernah lupa menggunakan masker. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline